Menu Close

Out Bond BP PAUD dan Dikmas DIY: Membangun Kebersamaan Memacu Semangat

Yogyakarta (22/03/2018) Untuk meningkatkan motivasi berprestasi bagi pegawai BP PAUD dan Dikmas beserta mitra organisasi PAUD dan Dikmas se-DIY maka pada tanggal 19 sampai dengan 21 Maret 2018 bertempat di Omah Petroek Kaliurang, Pakem, Sleman,  diselenggarakan kegiatan out bond. Peserta out bond sebanyak 45 orang, terdiri dari 29 orang pegawai BP PAUD dan Dikmas dan 16 orang berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, SKB, forum asosiasi, dari unsur Ikatan Penilik Indonesia, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Himpaudi,  HIPKI, dan HISPPI.

Kegiatan di buka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Bambang Irianto, M.Pd. Pada kesempatan tersebut Bambang Irianto mengajak semua peserta untuk memberikan pelayanan yang baik dan mencanangkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Hal ini disampaikan agar saling mengingatkan ketika ada sesuatu yang tidak semestinya. Harapan  Bambang Irianto, ketika melakukan permainan, melepaskan semua atribut, melakukan  dengan senang, dan jangan terpaksa, agar  bisa berbaur bersama dan melepaskan semua beban yang ada dalam pikiran.

Hari kedua dimulai kegiatan yang dibuka oleh Instruktur dari Kapilawastu untuk menghangatkan suasana. Pemberian motivasi oleh pimpinan Kapilawastu, Wiwit Sukmadji yang menceritakan rahasia umur panjang penduduk Okinawa di Jepang, diantaranya bangun pagi, mandi pagi dengan mengguyur kepala, minum air putih dan sayuran yang banyak, dan jangan lupa selalu tersenyum.  Dilanjutkan dengan beberapa jenis permainan, yang sebelumnya peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok 1 (pertama) bernama Sambel, kelompok 2 (dua) bernama Petruk, kelompok 3 (tiga) bernama olah hati, dan kelompok 4 (empat) bernama kupu. Setelah istirahat dilanjutkan dengan refleksi masing-masing kelompok. Tidak kalah penting adalah etika yang harus dipunyai seorang ASN ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Hari ketiga sebelum acara ditutup diadakan evaluasi penyelenggaraan, yang dipandu oleh Koordinator Pamong. Menurut Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Gunungkidul, Nani Asyfiah, S.Sos, Msi, peningkatan motivasi berprestasi sangat mengesan terutama dari sisi tempat yang begitu indah dikarenakan ditempat yang artistik  sangat jauh dari bayangan. Salah satu masukan kegiatan yang akan datang jika ada waktu luang untuk dimanfaatkan, misalnya kunjungan di daerah sekitar yang dapat dijadikan referensi untuk kegiatan di daerah masing-masing.  Selamat bekerja… semoga menambah semangat,  kata Yetti Pudiyantari, dalam kata terakhirnya.

Pewarta: Hasiyati

Posted in Berita