Menu Close

Orientasi Teknis Pemetaan Mutu dan Simulasi Perangkat Pemetaan Mutu Tahun 2020

Yogyakarta (04/03/2020) BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Orientasi Teknis Pemetaan Mutu dan Simulasi Perangkat Pemetaan Mutu Tahun 2020 di Ruang Auditorium Lantai II BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta dengan mengundang 48 peserta yang berasal dari Dinas Kabupaten/Kota dan 2 peserta Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta. Peserta tersebut merupakan Tim Pelaksana Pemetaan Mutu Kabupaten/Kota Tahun 2020.

Ketua Panitia kegiatan Orientasi Teknis Pemetaan Mutu dan Simulasi Perangkat Pemetaan Mutu Tahun 2020, Basri Hananta, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan Orientasi Teknis Pemetaan Mutu dan Simulasi Perangkat Pemetaan Mutu Tahun 2020 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Tim Pelaksana Pemetaan Mutu di tingkat kabupaten dan kota Daerah Istimewa Yogyakarta agar dapat merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan juga melaporkan kegiatan pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas yang akan dilaksanakan.

Kegiatan Orientasi Teknis Pemetaan Mutu dan Simulasi Perangkat Pemetaan Mutu Tahun 2020 dibuka oleh Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menyampaikan bahwa pemetaan mutu merupakan tanggungjawab semua pihak baik BP PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan satuan pendidikan. “Pemetaan mutu ini dilaksanakan dengan sistem yang bisa dilakukan mandiri oleh satuan pendidikan, kesadaran dari satuan pendidikan diperlukan agar semua satuan pendidikan yang belum terpetakan mutunya untuk berpartisipasi dan menginput data dalam pemetaan mutu”, tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Dr. Cipto Suncoko, M.Pd. yang  menjelaskan tentang Strategi pemetaan mutu PAUD dan Dikmas, kemudian dilanjutkan oleh Marsono, ST., M.Kes yang menjelaskan tentang Aplikasi Pemetaan Mutu dan Verifikasi Input Data Pemetaan Mutu pemaparan dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran praktik untuk meningkatkan kemampuan peserta tentang teknik pengisian instrument checking dan verifikasi input pada aplikasi pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas. Pada sesi akhir Drs. Fauzi Eko Pranyono menjelaskan tentang Teknik Analisis dan Penulisan Laporan Pemetaan Mutu.

Pewarta: Sumarsih

Posted in Berita