Menu Close

Orientasi Teknis dan Simulasi Pemetaan Mutu

Pengarahan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi, M.Pd., pada pembukaan kegiatan Orientasi Teknis dan Simulasi Pemetaan Mutu

Yogyakarta (12/07/2019) Sebanyak 50 orang panitia dan petugas pemetaan mutu satuan pendidikan PAUD dan Dikmas mengikuti Orientasi Teknis dan Simulasi Pemetaan Mutu di Audiotorium BP PAUD dan Dikmas selama sehari pada 12 Juli 2019. Orientasi teknis dan simulasi ini mengawali tahapan kegiatan pemetaan mutu satuan pendidikan tahun 2019.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. “Bapak Ibu dikumpulkan untuk membantu tugas balai dalam melakukan penjaminan mutu, langkah pertama adalah pemetaan mutu. Hasil pemetaan mutu dijadikan dasar melakukan supervisi atau pendampingan pemenuhan standar nasional pendidikan yang belum terpenuhi,” demikian pesan Eko Sumardi dalam pengarahan ketika membuka kegiatan. “Pemetaan mutu adalah satu langkah yang harus dilakukan dalam rangka tugas dan fungsi balai dalam melakukan penjaminan mutu satuan pendidikan,” tambah Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY.

Hadir dalam kegiatan ini unsur dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta, penilik dan pengawas serta pamong belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Salah satu butir yang disepakati adalah jumlah satuan pendidikan yang hendak dipetakan pada tahun 2019 dengan kriteria belum pernah dilakukan pemetaan dan supervisi pada tahun sebelumnya serta belum masuk data Evaluasi Diri Sendiri (EDS) di sistem Sispena BAN PAUD dan PNF. Kuota pemetaan mutu tahun ini sejumlah 400 satuan pendidikan, namun akan ditambah menjadi 500 satuan pendidikan.

Pada kesempatan itu hadir pula anggota tim aplikasi Pemetaan Mutu pusat, yaitu Fathurrohman yang menyampaikan materi aplikasi pemetaan mutu dan supervisi. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita