Menu Close

Olahraga Bagi Lansia, Pelajaran Baru bagi Aksarawan Baru

Menjadi tua dan mengalami penurunan fungsi tubuh adalah sebuah keniscayaan bagi manusia. Namun, setiap orang perlu berusaha menjaga kondisi tubuhnya agar tidak mudah sakit. Terlebih lagi bagi para lanjut usia atau lansia.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga bagi lansia tentu harus memperhitungkan keadaan fisik lansia itu sendiri. Jenis olahraga haruslah menyehatkan dan menyenangkan. Bukan seperti olahraga untuk mencapai prestasi dan kompetisi. Olahraga dapat dilakukan sendiri di rumah. Yang penting adalah bergerak efektif membakar kalori namun juga murah dan mudah.

Cakupan olahraga bagi lansia ini dikemas menjadi sebuah materi dalam bahan belajar digital. Sasarannya adalah para aksarawan baru yang sudah mendapatkan SUKMA Dasar. Materi ini sungguh direspon dengan senang hati oleh para aksarawan baru tersebut. Belajar membaca, menulis, berhitung, dan diskusi (calistung) dilakukan bersama tutor keaksaraan. Ini semua adalah dinamika pembelajaran dalam kegiatan ujicoba operasional model multikeaksaraan.

Kegiatan ujicoba model yang berlangsung pada tanggal 27-28 November 2018 ini dilakukan oleh tim pengembang model keaksaraan dari BP PAUD dan Dikmas DIY. Mereka terdiri dari Drs. Bakti Riyanta, Is Kartini, S.Pd, M.Pd, dan Agus Hari Prabowo, M.Pd. Ujicoba dilaksanakan di kelompok belajar multikeaksaraan yang diselenggarakan oleh PKBM Ngudi Kawruh di Desa Gulurejo, Lendah, Kulonprogo. Tim sudah merancang dan mengembangkan berbagai kegiatan calistung yang disajikan melalui media komputer. Hal ini mendapatkan respon yang sangat baik karena materi dianggap sesuai dengan kebutuhan dan usia para peserta.

Pewarta: Agus Hari Prabowo

Posted in Berita