Menu Close

Napak Tilas Sejarah Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Kegiatan Luar Kelas

Yogyakarta (12/03/2019) Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Al Amna Bausasran Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta melakukan kunjungan ke Istana Presiden Yogyakarta, sebagai upaya menanamkan rasa cinta tanah air pada anak usia dini dengan mengunjungi tempat bersejarah di Kota Yogyakarta, salah satunya Istana Presiden Yogyakarta.

Pendidikan anak usia dini tidak selalu dilakukan di dalam kelas. Anak usia dini akan lebih menyukai kegiatan di luar kelas. Pada masa usia dini rasa ingin tahu anak sangat tinggi. Perlu didukung pembelajaran yang memberikan kesempatan anak untuk menambah wawasan. Salah satu kegiatan di luar kelas adalah kunjungan ke Istana Presiden Yogyakarta. Di samping jaraknya dekat, diharapkan juga peserta didik mempunyai pengalaman memasuki Istana Presiden. “Kegiatan kunjungan ke Istana Presiden ini sebagai pengenalan sejarah bagi anak usia dini. Tidak mustahil, mungkin salah satu dari anak-anak usia dini ini menjadi Presiden Indonesia di masa dewasa kelak,” kata Rini salah satu pendidik Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Al Amna Bausasran.

Pihak petugas Istana Presiden Yogyakarta memberikan edukasi tentang Istana Presiden Yogyakarta. Petugas memandu anak-anak dari awal memasuki Istana Presiden sampai akhir kunjungan memberikan informasi tentang nilai sejarah ruang ataupun benda-benda yang berada dalam Istana Presiden Yogyakarta. “Saya senang mendapat pengalaman masuk Istana Presiden Yogyakarta bersama anak saya. Informasi-informasi dari petugas Istana Presiden Yogyakarta sangat mengesankan. Selama ini saya tidak tahu dan belum pernah masuk di Istana Presiden Yogyakarta,” kesan Dian salah satu orang tua peserta didik Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Al Amna Bausasran.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita