Menu Close

Monitoring ANBK Paket A di D.I. Yogyakarta

Yogyakarta (16/11/2021) BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta melakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Paket A di D.I. Yogyakarta. Monitoring dilakukan pada 16 s.d. 17 November 2021 dan 22 s.d. 23 November 2021. Pelaksanaan monitoring ini bertujuan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ANBK Paket A. Selain itu juga untuk memastikan bahwa ANBK di D.I. Yogyakarta berjalan sesuai dengan prosedur serta protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Salah satu satuan yang menjadi sasaran monitoring adalah SKB Kota Yogyakarta. Satuan pendidikan ini melaksanakan ANBK secara mandiri dan ditumpangi 5 satuan pendidikan lain yaitu PKBM Surya Nusantara, PKBM Sejahtera, PKBM Wijaya Kusuma, PKBM Sahabat Nusantara, dan PKBM Reksonegaran. Dari 11 peserta yang terdaftar sebagai peserta ANBK, terdapat 3 orang yang tidak hadir. Sudijarto, M.Pd., selaku Kepala SKB Kota Yogyakarta, menuturkan alasan ketidakhadiran peserta ANBK tersebut dikarenakan 2 orang merupakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan 1 orang tanpa keterangan. Pelaksanaan ANBK Paket A di SKB Kota Yogyakarta berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. “Kapasitas internet dan perangkat TIK mendukung, hanya saja saat akan melakukan login sistem sedikit berat dan terkadang terjadi crash. Namun sistem segera kembali normal dan semua peserta dapat mengerjakan ANBK hingga selesai”, jelas Proktor SKB Kota Yogyakarta.

Satuan lain yang dikunjungi adalah PKBM Yaumi, Sleman. Pelaksanaan ANBK di satuan ini menumpang di SMA Negeri 1 Moyudan karena belum tersedianya fasilitas komputer dan jaringan internet yang mencukupi untuk pelaksanaan ANBK secara mandiri. ANBK berjalan lancar dengan diikuti oleh 4 peserta. Kepala PKBM Yaumi, Hari Santuso menuturkan bahwa peserta ANBK Paket A yang terdaftar di PKBM Yaumi berjumlah 5 peserta, tetapi terdapat 1 peserta yang tidak hadir karena peserta didik tersebut sudah keluar namun masih terdaftar didata satuan.

Pewarta: Winda Pratiwi

Posted in Berita