Menu Close

Mensinergikan Program Pusat dan Daerah

Yogyakarta (08/04/2019) Sebanyak 60 orang peserta dari BP PAUD dan Dikmas DIY serta perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/kota dan organisasi mitra mengikuti Rapat Koordinasi PAUD dan Dikmas DIY tahun 2019. Kegiatan yang diselenggarakan di KH Hotel tersebut dibuka oleholeh Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan, RR Lestari KW,  yang mewakili Direktur Jenderal PAUd dan Dikmas dan sambutan oleh Kadarmanto Baskoro Aji, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaharga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi, salah satu yang dibahas dalam rapat koordinasi ini adalah capaian program tahun 2018 dan target program tahun 2019 Dinas Pendidikan kabupaten/Kota se D.I.Yogyakarta, yang sudah dikoordinasikan dalam Rakor Ditjen PAUD dan Dikmas di Rich Hotel bulan Maret 2019.  Selain itu juga sosialisasi program BP PAUD dan Dikmas tahun 2019, yang meliputi pemetaan mutu dan supervise sebanyak 400 lembaga, 7 pengembangan model,  dan peningkatan kapasitas  sumber daya sejumlah 300 orang.

Pada hari kedua dipaparkan program BP PAUD tahun 2019,meliputi Kebijakan BP PAUD dan Dikmas Tahun 2019,  seksi PPSD dan Sub Bag Umum. Kemudian dilanjutkan Lismanto dari Bagian Perencanaan, Ditejn PAUD dan Dikmas, menyampaikan pendataan yang sudah dilakukan, yaitu melalui DAPODIK, dengan instrument yang disampaikan pada saat RAKOR di Yogyakarta. Data yang  ada diharapkan akurat sehingga bisa mengakomodasi  kegiatan yang belum ada.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, menyampaikan hasil kegiatan PAUD dan Dikmas  yang sudah dilaksanakan pada tahun 2018, dan kendala yang dialaminya. Kemudian disampaikan pengalaman baik (best practice) yang sudah dilakukan oleh Bahrun Rosyid, selaku Kepala  Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, capaian dan target sehingga bisa ditiru oleh Dinas Pendidikan Kabupaten yang lain.

Hari ketiga disampaikan salah satu core bisnis BP PAUD dan Dikmas, yaitu pengembangan model yang sudah dilakukan, ada 7 model yang akan diterapkan di lembaga PAUD dan Dikmas.  Semua Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota diharapkan bersedia mengimplementasikan model yang dikembangkan.Kegiatan ditutup oleh Kasi PPSD, Cipto Suncoko, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua peserta Rakor, sehingga acara berjalan lancar.

Pewarta: Hasiyati

Posted in Berita