Menu Close

Layanan ULT: PKBM Memayungi Pesekolahrumah

Yogyakarta (03/10/2018) Lima orang pengelola dan tutor PKBM Tunas Harapan Kota Salatiga pada Rabu, 3 Oktober 2018 mendatangi Unit Pelayanan Terpadu BP PAUD dan Dikmas DIY untuk konsultasi terkait permasalahan pengelolaan sekolahrumah di PKBM. Rombongan dipimpin oleh Zainal Arifin selaku Ketua PKBM Tunas Harapan Salatiga dan didampingi Alfi Sa’dhiyah Penilik Dinas Pendidikan Kota Salatiga.

“Tujuan kami datang kemari untuk memperoleh penjelasan terkait sekolahrumah yang ada di PKBM Tunas Harapan, agar pengelolaan pelaku sekolahrumah di PKBM kami menjadi legal,” demikian ungkap Zainal Arifin ketika diterima oleh Bambang Irianto, Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY , di ruang kerjanya. “Terima kasih PKBM Tunas Harapan sudah bersedia datang kemari. Memang sehausnya pesekolahrumah harus diwadahi pada satuan pendidikan yang memiliki NPSN sehingga anak memiliki NISN dan berhak ikut ujian nasional,” tanggapan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY dalam menerima tamu dari Salatiga. “Dan selanjutnya nanti pamong belajar kami, Pak Fauzi Eko Pranyono yang akan memberikan penjelasan lebih lanjut.

Selanjutnya pertemuan diskusi pencerahan menjalani sekolahrumah secara legal dilaksanakan di ruang Unir Layanan Terpadu BP PAUD dan Dikmas DIY. Setelah memperoleh penjelasan dan diskusi Zainal Arifin dan kawan-kawan menjadi semakin jelas dalam mengelola dan memayungi sekolahrumah baik dengan pembelajaran konvensional maupun daring. Dijelaskan pula bahwa peserta didik sekolahrumah tetap diberi hak untuk menjalani pembelajaran secara mandiri di rumah di bawah bimbingan orang tua, namun ia harus tetap ujian semester di PKBM. Rapor hasil belajar dikeluarkan tiap semester oleh PKBM bukan oleh orang tua. [fep/fep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita