Menu Close

Kunjungan Pengelola Pendidikan Nonformal Palembang ke SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta

Yogyakarta (28/11/2020) UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta, menerima kunjungan Pengelola PKBM Palembang, SPNF SKB Palembang, pengelola PAUD dan pendidik/tutor pendidikan kesetaraan se-Kota Palembang. Dalam rangka peningkatan mutu lembaga dan kompetensi pengelola maupun pendidik/tutor satuan pendidikan nonformal melalui Pelatihan Kurikulum 2013.

Harun Al Rasyid, S.T., Ketua Pelaksana kunjungan menjelaskan bahwa pelatihan Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Daring di SPNF SKB Kota Yogyakarta untuk peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan perwakilan satuan pendidikan nonformal se-Kota Palembang. Diikuti sekitar 35 peserta dari unsur FK PKBM, tutor bantu, operator dapodik, pendidik PAUD dan tutor.

Pelatihan pembelajaran daring tentang pengisian Dapodik, pemahaman e-rapot dan sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti ujian nasional. Sebagai upaya menggali informasi dari narasumber langsung melihat proses pembelajaran yang dilaksanakan di SPNF SKB Kota Yogyakarta. Pelatihan singkat tentang Kurikulum 2013 dalam kunjungan sangat bermanfaat dan menyenangkan, seperti halnya wisata edukasi. “Narasumber memberikan secara rinci dan mumpuni, ke depan akan kami laksanakan pelatihan Kurikulum 2013 lebih mendalam, selama 3 sampai 4 hari, sehingga kami langsung praktek dan menerapkan di lembaga masing-masing,” tutur Harun Al Rasyid.

“Apapun bentuk kegiatan untuk peningkatan mutu lembaga pendidikan nonformal, peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan nonformal akan kita layani. SPNF SKB Kota Yogyakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dapat memberikan kontribusi kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Yogyakarta khususnya, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, bahkan selurah masyarakat di wilayah Indonesia, sehingga pendidikan nonformal lebih berkualitas, bukan sekedar pelengkap pendidikan, namun pilihan masyarakat,” papar Sudijarto, M.Pd., Kepala SPNF SKB Kota Yogyakarta.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita