Menu Close

Kreativitas Pembelajaran Guru TK di Masa Pandemi

Yogyakarta (16/02/2021) BP PAUD dan Dikmas DIY bekerjasama dengan IGTKI-PGRI DIY menyelenggarakan webinar dengan tema “Membangun Kreativitas Guru TK di Masa Pandemi”, Selasa (16/02). Webinar diikuti oleh 1.400 peserta melalui Zoom serta siaran langsung di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Webinar kali ini menghadirkan Arya Riswanti, S.Pd., selaku Guru TK dan SD Model Sleman, serta Shinta, S.Pd., M.Si., MA, selaku Praktisi Psikolog & Pendidikan sebagai narasumber. Selama kegiatan berlangsung, webinar dimoderatori oleh Y. Lilik Subiyanto, M.Hum, selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Kegiatan diawali dengan laporan dari Dwi Rina Dewi Sulistyaningsih, S.Pd., MM selaku Ketua IGTKI-PGRI DIY. Dwi Rina Dewi Sulistyaningsih, S.Pd., MM menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya profesionalitas guru TK, menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas. “Harapan kami dengan adanya kegiatan ini guru TK dapat memanfaatkan alat komunikasi sebagai sarana proses pembelajaran melalui webinar,” tambahnya. Selain itu, Dwi Rina Dewi Sulistyaningsih, S.Pd., MM pun mengajak seluruh guru TK untuk bergerak mewujudkan pembelajaran yang merdeka bagi peserta didik menuju PAUD yang berkualitas.

Pembukaan dan pengarahan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Selanjutnya, webinar dibuka secara resmi sekaligus pengarahan oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY. Dalam arahannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd menjelaskan tentang Visi Pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Salah satu karakter dari Pelajar Pancasila adalah kreatif. “Untuk menumbuhkan sifat kreatif harus dimulai dari kita (guru) supaya kita memiliki kreativitas sebagai pendidik sehingga dapat menularkan kreativitas itu kepada anak-anak kita nantinya”, tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan materi dari Arya Riswanti, S.Pd. Pada sesi kali ini Arya Riswanti, S.Pd. memaparkan materi tentang Pembelajaran Kreatif di Masa Pandemi dan Masa yang Akan Datang. Paparan diawali dengan tantangan yang dihadapi oleh guru selama pandemi. Arya Riswanti, S.Pd. juga menjelaskan tentang beberapa contoh pembelajaran menarik yang bisa diadopsi oleh guru selama pandemi. Setelah paparan dari Arya Riswanti, S.Pd., dilanjutkan dengan paparan dari Shinta, S.Pd., M.Si., MA dengan judul Membangun Kreativitas Guru TK di Masa Pandemi.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita