Menu Close

Kerjasama Pelatihan HIMPAUDI DIY-UGM: Kiat Tetap Bahagia di Masa Pandemi

Yogyakarta (05/09/2020) DPW HIMPAUDI DIY bekerja sama dengan Laboratorium Filsafat Nusantara Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan pelatihan secara daring bagi guru PAUD. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta dari perwakilan pengurus HIMPAUDI kecamatan dan kabupaten/kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan dibuka oleh Dekan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Dr. Arqom Kuswanjono dengan narasumber Dr. Heri Santoso, Surono, M.A, Dr. Hastangka, M.Phil, dan Zamzani Ulwiyati Darojat, S.Ag, dan didukung tim fasilitator Dela Khoirul A., S.Fil. dan Kusuma Putri, S.Fil. Sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-15 HIMPAUDI dengan tema Guru PAUD Kuat, Indonesia Hebat.

Pelatihan ini merupakan salah satu pelaksanaan hibah Program ESD (Education For Sustainable Development) Direktorat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Laboratorium Filsafat Nusantara Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka membantu masyarakat yang terkena dampak pandemic COVID-19. Tim Pengabdian telah menghasilkan model, modul, video dokumenter, naskah publikasi dan ujicoba model berbasis kecerdasan holistic. Nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya stakeholder pengelola PAUD, untuk mengatasi dampak pandemic COVID-19.

Dr. Heri Santoso, Ketua Tim Pengabdian sekaligus Kepala Lafinus Filsafat Universitas Gadjah Mada mengungkapkan dalam pelatihan ini, didesain khusus dengan mengajak peserta untuk berinteraksi dan praktek langsung tentang cara mengembangkan kecerdasan holistik. Yang meliputi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara utuh. Pada akhirnya akan terbangun ketangguhan, adversity dalam menghadapi segala persoalan hidup.

“Saya bersyukur guru PAUD tetap tegar, semangat dan bahagia di tengah cobaan hidup yang sangat berat. Di satu pihak kita dituntut untuk tetap bertahan dan mengembangkan institusi, di lain pihak ada tantangan karier sebagai guru PAUD yang belum mendapat apresiasi selayaknya oleh pemerintah dan masyarakat. Uniknya di tengah pandemi, para guru PAUD sangat kreatif dalam upaya menambah penghasilan untuk tetap bertahan di masa sulit,” demikian ungkap Zamzani Ulwiyati Darojat, S.Ag. selaku ketua HIMPAUDI Daerah Istimewa Yogyakarta di akhir acara Pelatihan Membangun Kecerdasaan Holistik bagi Guru PAUD Se-DIY dalam Menghadapi Pandemi COVID-19.

Pewarta : Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita