Menu Close

Kemendikbud Bekerja Sama dengan TVRI Luncurkan Program “Belajar dari Rumah”

Yogyakarta (14/04/2020) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program “Belajar dari Rumah”. Program ini rencananya ditayangkan oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). TVRI menayangkan mulai Senin, 13 April 2020 hingga tiga bulan kedepan. Program tayangan ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah pandemi Covid-19. Belajar dari Rumah akan menayangkan materi pembelajaran untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah. Selain itu, ada pula materi bimbingan untuk orang tua dan guru. Serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim ingin masyarakat mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran di rumah, salah satunya melalui media televisi. “Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19,” ujar Nadiem Anwar Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Mendikbud Nadiem Makarim menambahkan, perlu media lain selain bekerja sama dengan platform teknologi atau online learning milik swasta dalam memfasilitasi siswa belajar di rumah. Kemendikbud menyadari bahwa masih banyak sekolah di daerah yang tidak memiliki akses internet, kesulitan menggunakan platform teknologi, hingga keterbatasan dana untuk kuota internet atau pulsa.

Diharapkan, program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat. Dengan terjalinnya kerja sama dengan TVRI yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia, daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi tetap dapat menerima program ini.

Penulis : Gita Kurnia Graha

Posted in Berita