Menu Close

Kemah Diklat Dasar Saka Widya Budaya Bakti Gerakan Pramuka Cabang Kota Yogyakarta

Sleman (01/09/2018) Upacara pembukaan Kemah Diklat Dasar Saka Widya Budaya Bakti Pramuka Penegak dan Pandega, Jum’at, 31 Agustus 2018 jam 09.30 WIB di Bumi Merapi, Jalan Kaliurang Sleman, Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh sejumlah 190 orang Pramuka Penegak Pandega perwakilan dari 19 Guguspedapn yang berpangkalan SMA/SMK/SKB/PKBM se Kwarcab Kota Yogyakarta. Kemah Diklat Dasar merupakan kerja sama antara Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan, dan Kwarcab Kota Yogyakarta.

Diksar Saka Widya Budaya Bakti Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta bertujuan memberi bekal pengetahuan dan pengalaman kepada peserta untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif. Sebagai bekal hidup dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, khususnya di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal dan informal, seni dan film, tradisi, sejarah, nilai budaya, cagar budaya, dan museum yang dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan dalam menciptakan lapangan kerja.

Saka Widya Budaya Bakti merupakan Saka kesebelas di Kwarcab Kota Yogyakarta memiliki tujuh krida, yaitu krida pendidikan anak usia dini, krida kecakapan hidup, krida pendidikan masyarakat dan kesetaraan, krida bina cagar budaya dan museum, krida nilai budaya, krida sejarah, krida seni dan film. Narasumber kegiatan dari Kwarcab Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Saka Widya Bidaya Bakti Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta terbentuk tahun 2017 pangkalan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Tahun 2018 diadakan Diksar Kesakaan Pramuka Penegak dan Pandega, direncanakan sebagai program rutin tiap tahun. Alumni Diksar Saka Widaya Budaya Bakti akan melanjutkan ke Diklat Lanjut (Dikjut) Saka Widya Budaya Bakti.

“Diksar Kesakaan selama dua hari sebagai orientasi Saka Widya Budaya secara garis besar akan disampaikan kakak-kakak narasumber. Pelajari betul teori kesakaan agar faham. Sehingga di akhir kegiatan dapat menentukan pilihan krida yang akan fokus diikuti dengan sepenuh hati. Sebagai salah satu cara berkarya untuk bangsa Indonesia”, kata Drs. Edy Heri Suasana, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta selaku Ketua Mabi Saka Widya Budaya Bakti Gerakan Pramuka Cabang Kota Yogyakarta mengakhiri amanat pembina upacara.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita