Menu Close

Kelas Orang Tua Berbagi Episode #5

Yogyakarta (16/10/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY kembali menyelenggarakan webinar seri ke lima dari Kelas Berbagi Orang Tua dengan tema “Mengkomunikasikan Proses dan Hasil KBM kepada Guru Kelas”. Total 663 orang mengikuti acara melalui zoom dan dan disiarkan langsung di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Basri Hananta, M.Pd selaku Kasubbag Tata Usaha BP PAUD dan Dikmas DIY, Linawati, M.Psi, Maya Veri Oktavia dari TK IT Mekar Insani, Andri Anugrahana.

Kegiatan dibuka dan dimulai oleh Basri Hananta, M.Pd, beliau menyampaikan bahwa penyusunan laporan perkembangan anak bukanlah hal yang mudah karena penyusunan membutuhkan waktu dan tenaga serta laporan harus bersifat informatif agar mudah dipahami. Pemerintah mengharapkan agar orang tua dapat tetap meningkatkan capaian perkembangan anak secara optimal meskipun dimasa pandemic covid-19. “Oleh kerena itu orang tua harus berkolaborasi dengan guru, utamanya pada saat pelaksanaan pembelajaran dari rumah serta dalam melaporkan perkembangan anak” tambahnya.

Maya Veri Oktavia yang menjadi narasumber ke dua memulai materi dengan menjelaskan bahwa pada masa pandemi sekarang sangat merubah secara signifikan dalam semua hal termasuk pada saat pembelajaran. Guru bekerjasama dengan orang tua dalam memonitoring pembelajaran dari rumah seperti melakukan rancangan pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru dan harus dikerjakan oleh anak. Narasumber ketiga adalah Ibu Andri Anugraha, beliau menyatakan terdapat beberapa ketentuan dalam komunikasi antara guru dan orang tua bahwa dalam pembelajaran dari rumah adalah hal yang fleksibel. “Anak tidak dituntut untuk menuntaskan semua pembelajaran tetapi bisa mengganti dengan kegiatan yang lainnya” jelasnya.

Narasumber terakhir adalah Linawati, S.Pd., M.Psi. Materi yang disampaikan berfokus pada cara mengkomunikasikan kegiatan belajar dari rumah kepada guru. Terjadinya pandemi menyebabkan penutupan sekolah yang berimbas peserta didik tidak bisa belajar secara tatap muka. “…tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan karena harus tetap memberikan stimulisi pada perkembangan anak dan terdapat istilah baru yang bernama belajar dari rumah” jelasnya.

Seusai semua narasumber menyampaikan paparannya peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada narasumber.Peserta juga dapat mengunduh sertifikat di link http://bit.ly/Sertifikat_Eps5 dan materi di link http://bit.ly/UnduhMateri_Eps5.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita