Menu Close

Kelas Berbagi Industri Kecil Menengah Kerjasama Rumah Kreatif Sleman dengan DPP Gradasi

Suasana Kelas Berbagi Industri Kecil Menengah (IKM)

Sleman (24/08/2019) Pada hari Jum’at 23 Agustus 2019 telah berlangsung Kelas Berbagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Rumah Kreatif Sleman. Kelas ini terselenggara atas kerjasama Rumah Kreatif Sleman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman dan DPP Gradasi (Generasi Digital Indonesia). Tema yang diangkat adalah “Bisnis Industri Kecil Menengah (IKM) atau Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) yang Aman, Legal dan Menguntungkan di Era 4.0”. Gradasi merupakan organisasi yang terdiri dari unsur Lembaga Kursus dan Pelatihan dan UMKM yang bergerak di bidang digital.

Narasumber yang hadir mengisi kelas tersebut adalah Fuad, S.H., M.Kn., M.H. Beliau merupakan Ketua Komisi Hukum dan Advokasi DPP Gradasi. Kelas ini diikuti oleh 15 orang yang merupakan pelaku IKM atau UMKM dengan tanpa dipungut biaya.

Menurut Bang Oni, Ketua DPP Gradasi, Revolusi Industri 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber membuat segenap pihak harus mau membuka diri serta berbenah. Tujuannya agar dapat mengikuti perkembangan, memenuhi kualifikasi atau standar yang diterapkan saat ini sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat atau konsumen. IKM atau UMKM termasuk pihak yang harus melakukan aneka terobosan agar dapat mempertahankan serta menguatkan eksistensi di era 4.0.

Atas dasar hal tersebut maka Kelas Berbagi IKM memberikan pijakan para pelaku IKM atau UMKM salah satunya dengan menyampaikan regulasi yang berkaitan dengan hukum. Mereka perlu memahami regulasi yang berlaku agar dapat melakukan bisnis  dengan aman, legal dan menguntungkan. Regulasi akan menjadi payung yang memberikan perlindungan sekaligus menjaga agar semua pihak tetap berada pada jalur masing-masing.

Pewarta: Vivi Kusumastuti

Posted in Berita