Menu Close

Kampung Literasi Natah Tekad Kuat untuk Cerdas dan Maju

Tahun 2017 adalah tahun istimewa bagi Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagaimana tidak? Dalam kurun waktu ini masyarakat Natah telah bangkit. Kesadaran untuk berubah dan maju mulai dirasakan.

Ujungnya, pada hari Kamis 28 Desember 2017, warga Desa Natah mengadakan Pekan Gelar Potensi Desa dalam rangka pencanangan sebagai “Kampung Literasi”. Acara puncak pencanangan sebagai “Kampung Literasi” ini dimeriahkan dengan Pekan Gelar Potensi Desa dan sarasehan “Kampung Literasi”.

Acara Pekan Gelar Potensi Desa dilaksanakan dengan berbagai lomba seperti membuat tumpeng thiwul (makanan khas Gunungkidul dari ketela pohon). Ada juga lomba memasak ingkung tradisi, lomba menulis dokumen kampung, dan lomba gejog lesung. Lesung adalah alat bantu tradisional untuk menumbuk padi menjadi beras atau bahan makan lain. Antusias warga masyarakat begitu tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran dan partisipasi dalam kegiatan tersebut.

Masyarakat tumpah ruah di arena bola voli yang disulap sedemikan rupa sebagai ajang kegiatan tersebut. Acara dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga 16.30 sore hari. Suasana akrab, santai penuh kekeluargaan ini seolah menunjukkan bahwa kegiatan ini dilakukan dari, oleh dan untuk warga Natah sendiri.

Ketua panitia kegiatan sekaligus tokoh masyarakat Desa Natah, Bapak Suyata, menyatakan bahwa warga sekarang sadar bahwa mereka telah dikaruniai sumber daya alam yang melimpah nan elok. Oleh karena itu, sumber daya manusia di desa harus mampu mengelolanya dengan baik untuk kemaslahatan bersama.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa program literasi sangatlah cocok diterapkan di Desa Natah. Suyata berharap dengan kemauan belajar yang tinggi tidak sekadar baca tulis hitung, namun segala hal yang berkaitan dengan kehidupan akan menjadikan warga lebih kompeten, cerdas dan maju. Tentu saja tidak dengan serta merta dalam waktu yang singkat, namun perlu waktu yang cukup untuk mencapainya. Ia pun menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh kawan-kawan dari BP PAUD dan Dikmas DIY sangatlah berarti. Oleh karena itu, dukungan dan bantuan dalam segala hal sangat diharapkan hingga cita-cita seluruh warga masyarakat Desa Natah dapat terwujud. (by_agushp)

Pewarta: Agus Hari Prabowo

Posted in Berita