Menu Close

Kampanye Gerakan Mendaftarkan Anak ke Satuan PAUD

Yogyakarta (12/09/2020) Puncak acara Hari Ulang Tahun ke-15 HIMPAUDI secara daring diikuti lebih dari 1000 pendidik PAUD perwakilan pendidik PAUD se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada kesempatan itu GKR Hemas Ibu PAUD DIY menghimbau orang tua untuk bekerja sama dengan satuan PAUD setempat, yaitu mendaftarkan anak usia dini ke lembaga PAUD.

Acara yang digelar secara daring tersebut dihadiri oleh GKR Hemas, Ibu PAUD Daerah Istimewa Yogyakarta, Gusti Putri Pakualam, Bunda PAUD Kabupaten/Kota dan Kecamatan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-DIY, Kepala Kementrian Agama DIY, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Kepala Dinas Sosial DIY, Kepala BKKBN DIY, Ketua BAN PAUD dan PNF DIY, Lafinus UGM, Radio Rakosa FM, dan pimpinan organisasi mitra PAUD Daerah Istimewa Yogyakarta.

Zamzami Ulwiyati Darojad, S.Ag., Ketua PW HIMPAUDI DIY mengatakan bahwa peringatan HUT ke-15 HIMPAUDI tahun ini bertepatan dalam masa pandemic COVID-19, sesuai protokoler kesehatan maka kegiatan dilaksanakan secara daring. Terutama untuk sosialisasi kepada masyarakat luas agar semua orang tua yang mempunyai anak usia dini menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD. Dalam rangka memberikan apresiasi maupun dukungan bagi seluruh pejuang PAUD Daerah Istimewa Yogyakarta, tetap semangat menjadi lentera dalam kegelapan. Bersyukur menjadi pendidik PAUD karena mencintai anak-anak didiknya. Pendidik PAUD kuat Indonesia hebat. Pada akhir kegiatan puncak acara HUT ke-15 HIMPAUDI dimeriahkan dengan pemutaran buah lima film pendek karya pendidik PAUD kabupaten/kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Eko Sumardi, M.Pd., Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY dalam sambutannya menyampaikan, bahwa guru PAUD selalu meletakkan nilai-nilai dan membangun kecerdasan holistik. Semua anak mempunyai hak tumbuh dan berkembang, melayani pendidikan bagi anak usia dini merupakan investasi sebagai pendidik PAUD. Beruntung dan menjadi kebanggaan bahwa di Daerah Istimewa Yogyakarta pendidikan anak usia dini mendapat perhatian Ibu PAUD DIY dalam pemberian nutrisi dan makanan tambahan. Nutrisi sangat penting dalam mendukung perkembangan sel-sel otak anak, sehingga tumbuh sehat dan optimal. Badan yang kuat sehat akan dapat distimulasi perkembangan anak secara optimal pula. Kolaborasi pendidik bersama orang tua sangat perlu dalam pembelajaran PAUD di masa pandemic COVID-19.

Sambutan Ibu PAUD DIY, GKR Hemas

GKR Hemas, Ibu PAUD DIY dalam sambutan dan kampanye menghimbau orang tua untuk bekerja sama dengan satuan PAUD setempat, yaitu mendaftarkan anak usia dini ke lembaga PAUD. Anak usia dini agar tetap mendapatkan stimulasi tumbuh kembang. Melalui pembelajaran PAUD walaupun secara online belajar dari rumah dengan berbagai inisiatif dan kreatifitas guru bekerja sama dengan orang tua.

Pemaparan Materi dari Bunda Netty, Ketua Umum PP HIMPAUDI

“Keadaan saat ini justru back to normal, karena pendidikan utama adalah dari orang tua. Lembaga PAUD sebagai konsultan keluarga. Pendidik PAUD bekerja sama dalam program PKK atau dasawisma dalam rangka mewujudkan pendidikan anak usia dini secara optimal”, pungkas Bunda Netty, Ketua Umum PP HIMPAUDI.

Pewarta : Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita