Menu Close

Input Data Pemohon Akreditasi

Menurut Permendikbud Nomor 5 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia  Dini (BP PAUD dan Dikmas) pada pasal  2 ayat 2   disebutkan salah satu tugas BP PAUD dan Dikmas adalah melaksanakan kemitraan di bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Salah satu bentuk kemitraan diantaranya memfasilitasi tempat untuk kegiatan BAP  PAUD dan PNF D.I.Yogyakarta  yaitu input data pemohon akreditasi pada tanggal 1 dan 2 Februari 2018.

BAP PAUD dan PNF melakukan input data identitas Pemohon Akreditasi ke dalam aplikasi Master Data Pemohon (MDP). Input data ini diberlakukan bagi satuan pendidikan yang akan mengajukan permohonan akreditasi pada tahun 2018. Hasil input data ini nanti akan dikirim ke BAN PAUD dan PNF sebagai dasar untuk penetapan jumlah quota asesi atau lembaga yang mengajukan akreditasi. Tujuan input data agar sinkron antara Dapodik yang ada di BAN PAUD dan PNF dengan lembaga. Dikarenakan ada data beberapa lembaga yang belum masuk  di DAPODIK. Kegiatan yang awal direncanakan selama 2 hari, akhirnya ditambah karena kalau dikerjakan 2 hari tidak selesai, dikarenakan pengiriman dokumen tidak bersamaan, sehingga sampai tanggal 5 dan 6 Februari  input data masih berlangsung.

Jumlah  asesor ada 16 orang yang menyediakan diri menjadi relawan untuk menginput data. “Aplikasi ini mudah, tidak ada kendala karena tinggal mencetang, sehinga lebih cepat.” Kata Endin Wicaksono.  Narasumber dan penanggugjawab input data  adalah Jais Susilo dan Mahmudin. [F4] Menurut Jais Susilo pintu masuk input data melalui NPSN, sehingga semua lembaga yang belum masuk Dapodik tidak bisa mengikuti Akreditasi.

“Himbauan bagi lembaga yang belum mempunyai NPSN segera memasukkan data ke DAPODIK agar segera terbit dan bisa mengajukan akreditasi[F5] .” tambah Jais Susilo menutup pembicaraan.  

Pewarta: Hasiyati

Posted in Berita