Menu Close

HIPKI Mengharapkan Bimtek Pendekatan Modeling

Yogyakarta (21/02/2019) Delapan orang pengurus DPD HIPKI DIY dipimpin Hanung Bramantyo melakukan audiensi di BP PAUD dan Dikmas DIY dalam rangka perkenalan dengan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi M.Pd.,  yang baru saja menjabat sejak awal Februari 2019 lalu.

“Harapannya kami bisa melanjutkan sinergi dalam mengembangkan lembaga kursus di Daerah Istimewa Yogyakarta,” demikian diungkap oleh Hanung Bramantyo selaku Ketua DPD HIPKI DIY mengawali pembicaraan dalam audiensi. Hanung berharap ke depan koordinasi HIPKI dengan BP PAUD dan Dikmas DIY bisa lebih terjalin dengan baik dalam mengembangkan lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

Sementara itu, salah satu pengurus DPD HIPKI DIY Bambang Hario menjelaskan kecenderungan penurunan jumlah LKP. Jumlah anggota HIPKI di Indonesia pada tahun 1990-an mencapai 14.000, namun terjadi penurunan yang signifikan namun belum ditemukan jumlah yang pasti. Di Yogyakarta pada tahun 1990-an terdapat 200-an, namun kini tidak mencapai 70 LKP yang aktif. Oleh karena itulah dalam menghadapi perkembangan dan dinamika yang ada maka perlu adanya sinergitas antara HIPKI dan pemerintah agar LKP dapat tetap eksis dalam memberikan keterampilan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi menyampaikan bahwa HIPKI adalah mitra BP PAUD dan Dikmas. “Keberadaan balai akan tergantung dengan mitra karena mitra PAUD dan Dikmas harus dilayani oleh BP PAUD dan DIkmas DIY. Keberadaan balai untuk melayani mitra, di antaranya LKP yaitu untuk mengembangkan mutu lembaga LKP. Salah satu tugas balai adalah pemetaan mutu sehingga salah satu tolok ukur pekerjaan adalah berapa jumlah satuan pendidikan yang bisa ditingkatkan mutunya dan berhasil mengajukan akreditasi,” kata Eko Sumardi.

Mengakhiri pertemuan pengurus HIPKI DIY mengharapkan agar dikembangkan bimbingan teknis atau diklat yang  lebih banyak dengan pendekatan modeling, karena pengelola kursus akan lebih mudah menangkap contoh. Di samping itu bimtek selalu up to date sesuai dengan kebutuhan, misalnya perpajakan sesuai dengan pengurusan ijin online (OSS).

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita