Menu Close

Hasil Evaluasi SAKIP BP PAUD dan Dikmas DIY Capai Nilai A

Rabu (06/01/2021) BP PAUD dan Dikmas DIY mengadakan Rapat Awal Tahun 2021. Seluruh pegawai mengikuti rapat yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Lantai 2. Rapat ini diselenggarakan untuk memaparkan pencapaian yang telah diperoleh selama tahun 2020. Selain itu, rapat kali ini juga membahas rencana kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2021.

Rapat diawali dengan pembukaan dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Basri Hananta, M.Pd. Agenda dilanjutkan dengan paparan serta arahan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Pada kesempatan kali ini Drs. Eko Sumardi, M.Pd memaparkan materi tentang pencapaian BP PAUD dan Dikmas DIY selama tahun 2020. Salah satu pencapaiannya adalah hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja tahun 2020. “Tahun ini (2020), kita mendapatkan kategori A dengan nilai 80,29,” ungkapnya. Terjadi peningkatan dari hasil evaluasi pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, BP PAUD dan Dikmas DIY mendapatkan kategori BB dengan nilai 74,90. Drs. Eko Sumardi memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai atas pencapaian tersebut sembari menghimbau untuk tetap memberikan pelayanan terbaik. “Masih ada beberapa aspek yang bisa ditingkatkan kembali,” jelasnya.

Program pemetaan mutu serta supervisi pada satuan pendidikan pun juga melebihi target yang dicanangkan. Total ada 500 satuan pendidikan dari target awal sebanyak 400 satuan pendidikan. Namun, tidak hanya itu yang menjadi fokus dalam pelaksanaan pemetaan mutu serta supervisi satuan pendidikan untuk memenuhi delapan standar nasional pendidikan. “Setelah dilakukan pemetaan terhadap satuan pendidikan dan dilakukan treatment untuk memenuhi delapan standar nasional pendidikan itu berdampak tidak pada satuan tersebut, menjadi lebih baik atau tidak,” tambahnya. Kenyataannya, terdapat peningkatan rata-rata sebesar 16,03% untuk seluruh kabupaten/kota di DIY, sehingga supervisi yang dilakukan terhadap satuan pendidikan setelah dilakukan pemetaan meningkatkan kapasitas satuan pendidikan dalam memenuhi delapan standar nasional pendidikan.

Selain itu, Drs. Eko Sumardi, M.Pd juga memaparkan capaian daya serap anggaran tahun 2020. BP PAUD dan Dikmas DIY mencatatkan daya serap anggaran mencapai 93,03%. Capaian tersebut kembali diapresiasi, mengingat pada tahun 2020 merupakan tahun yang sulit dengan adanya pandemi yang membuat program-program yang telah direncanakan di awal harus diubah perencanaannya.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita