Menu Close

Hambatan dan Tantangan Babak Baru Pada Anak Usia Dini di Era New Normal

Yogyakarta (09/06/2020) Pemerintah Indonesia telah mencanangkan era New Normal yang dicanangkan, sehubungan dengan itu BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Webinar dengan tema “Hambatan dan Tantangan Babak Baru Pada Anak Usia Dini di Era New Normal” melalui Zoom serta siaran langsung di kanal YouTube dan Facebook BP PAUD dan Dikmas DIY, Selasa (09/06). Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Jurusan PLS dan PAUD FIP UNY, serta Jurusan PG-PAUD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.

Narasumber webinar kali ini diisi oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Dr. Pujiyanti Fauziah, M.Pd dan Nur Hayati, S.Pd., M.Pd. selaku dosen Universitas Negeri Yogyakarta, Herdi Handoko, M.Pd selaku dosen Universitas PGRI Yogyakarta, serta Siti Donatirin, S.P., M.Pd selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY dengan dimoderatori oleh Panca Haryadi Awan, S.Pd dari Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Kurang lebih 753 peserta berpartisipasi dalam webinar kali ini yang terdiri dari berbagai kalangan, seperti pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan TK, penilik PAUD, pengawas TK dan PAUD, mahasiswa, guru SD dan sekolah menengah, dosen, serta orang tua murid.

Pembukaan Webinar oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Webinar dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam paparannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyebutkan bahwa ke depan New Normal akan menjadi budaya baru yang diterapkan dalam masyarakat dengan protokol kesehatan dari pemerintah. Budaya baru yang akan muncul dan telah teridentifikasi saat ini dapat terlihat dengan digunakannya teknologi informasi. “Teknologi informasi ini nanti akan sangat mempengaruhi dari dunia pendidikan kita “Goalnya ini nanti mencapai dari apa yang dideklarasikan oleh mas menteri kita bahwa Merdeka Belajar. Merdeka Belajar ini salah satunya adalah menggunakan teknologi informasi,” tambahnya.

Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menjelaskan pula kapan kegiatan belajar mengajar (KBM) PAUD bisa dilaksanakan. Menurut beliau, ada empat aspek yang harus dipenuhi sebelum KBM dilaksanakan, pertama regulasi protokol kesehatan dari pemerintah pusat maupun daerah, kedua kesiapan sarana prasarana satuan pendidikan, ketiga kesiapan orang tua dan anak, dan keempat penemuan obat atau vaksin Covid19.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari masing masing narasumber. Dr. Pujiyanti Fauziah, M.Pd menjadi narasumber kedua dengan materi “Tantangan dan Hambatan Pembelajaran dan Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Masa New Normal”. Materi ketiga disampaikan oleh Herdi Handoko, M.Pd dengan tema “Stimulasi Literasi Pada Anak”. “Pembelajaran yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini di Era New Normal” merupakan materi keempat yang disampaikan oleh Siti Donatirin, S.P., M.Pd. Sesi paparan narasumber ditutup dengan materi dari Nur Hayati, S.Pd., M.Pd dengan tema “Pengelolaan Hasil Pembelajaran Online Anak Usia Dini”. Setelah paparan dari masing-masing narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab.

Bagi yang kemarin terlewatkan webinar ini dapat melihat kembali rekaman di kanal YouTube BP PAUD dan Dikmas DIY. Materi yang disampaikan narasumber dalam webinar dapat diakses melalui bit.ly/downloadmateriwebinar.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita