Menu Close

GKR Hemas Hadiri Webinar Kelas Orang Tua Berbagi Episode 8

Yogyakarta (06/11/2020) Webinar Kelas Orang Tua Berbagi yang dilaksanakan secara daring oleh BP PAUD dan Dikmas DIY telah sampai pada sesi pamungkas, Jumat (6/11). Pada episode kali ini, mengangkat tema “Komunikasi Efektif dengan Anak Usia Dini”. Narasumber yang dihadirkan pun terasa istimewa dengan hadirnya GKR Hemas selaku Ibu PAUD DIY. Tidak hanya itu, hadir pula Dr. Yeni Triwahyuningsih, Psi., selaku praktisi pendidikan serta Psikolog Anak dan Remaja, Sabatina Rukmi Widiasih selaku orang tua di KB Aisyiyah Al Amna Yogyakarta dan Intan Puspitasari selaku orang tua di TK Aisyiyah Nur Aini. Sebanyak 610 peserta turut berpartisipasi dalam webinar yang dimoderatori oleh Y. Lilik Subiyanto, M.Hum. selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Webinar diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, gaya orang tua dalam berkomunikasi dengan anak harus menyesuaikan. “Supaya pesan pesan kita dapat tersampaikan dan anak mengetahui apa yang disampaikan oleh orang tua dan keinginan orang tua,” jelasnya. Drs. Eko Sumardi, M.Pd. berharap nantinya dengan gaya orangtua yang hebat akan menjadikan anak-anak memiliki komunikasi yang hebat. Karena anak akan meneladani gaya orang tuanya dalam berkomunikasi.

Sesi dilanjutkan dengan paparan dari GKR Hemas. Dalam paparannya, GKR Hemas menjelaskan bahwa pendidikan karakter berbasis kebudayaan pada anak usia dini sangat diperlukan. Nilai-nilai luhur yang menjadi pilar utama karakter khas masyarakat DIY, yaitu kesantunan kerukunan harus diperkenalkan sejak dini hingga dewasa. “Mulai dari keluarga, tetangga hingga meluas dalam lingkup bersama sebagai masyarakat,” tambahnya. GKR Hemas menambahkan, komunikasi efektif dengan anak usia dini mutlak dibutuhkan karena dengan komunikasi yg efektif akan menciptakan atmosfer tumbuh kembang yg positif dan akan membuat interaksi nyaman dengan keluarga. “Yang pada akhirnya akan menguatkan ketangguhan dan kesehatan mental pada keluarga,” tegasnya.

Setelah paparan dari GKR Hemas, dilanjutkan paparan praktik baik dari narasumber orang tua. Praktik baik pertama dipaparkan oleh Intan Puspitasari selaku orang tua di TK Aisyiyah Nur Aini. Intan Puspitasari menceritakan praktik baik komunikasi dengan anaknya yang berjudul Menjalin Interaksi dengan Anak. Kemudian dilanjutkan dengan paparan praktik baik dari Sabatina Rukmi Widiasih selaku orang tua di KB Aisyiyah Al Amna dengan judul Keteladanan dan Aksi Sepenuh Hati dalam Komunikasi. Sebagai penguat, pada sesi terakhir dilanjutkan dengan paparan dari narasumber ahli, yaitu Dr. Yeni Triwahyuningsih, Psi., selaku Praktisi Pendidikan serta Psikolog Anak & Remaja. Pada paparannya, Dr. Yeni Triwahyuningsih, Psi menjelaskan tentang tahapan tumbuh kembang komunikasi anak dari usia 0 hingga 7 tahun.

Peserta dapat mengikuti kembali rangkaian webinar mulai dari episode pertama hingga episode terakhir di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita