Menu Close

Gebyar GP3M Kabupaten Bantul: Menciptakan Produk Berbahan Lokal Bernilai Jual Tinggi

Bantul (13/09/2018) Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marginal (GP3M) dilaksanakan di Pendopo Parasamya Kabupaten Bantul sebagai puncak kegiatan program PKH-P dan Desa Vokasi. Kegiatan dihadiri Drs. Suharsono, Bupati Kabupaten Bantul, Didik Warsito, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dr. Samto Kepala Subdit Pendidikan Kesetaran dan Berkelanjutan serta Dr. Subi Sudarto Kepala Seksi Pendidikan Berkelanjutan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kemdikbud.

Bupati Kabupaten Bantul, dalam sambutannya menyatakan gembira dengan adanya kegiatan ini. Berharap ke depan program GP3M diperluas, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marginal (GP3M) merupakan upaya peningkatan kualitas hidup perempuan sebagai pendidik utama dan pertama dalam sebuah keluarga, ibu rumah tangga sebagai tiang negara, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarganya yang mendukung peningkatan pendidikan dan kualitas hidup generasi berikutnya.

Dengan GP3M dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khususnya perempuan marginal dari berbagai aspek. Melalui berbagai program pendidikan kecakapan hidup perempuan, pembinaan di daerah dengan angka putus sekolah tinggi, daerah rawan trafficking maupun buruh migran, memberikan program pendidikan keaksaraan dan pendidikan kesetaraan.

Senada dengan sambutan Bupati Kabupaten Bantul, Dr. Samto, sangat terkesan dan memberi apresiasi untuk Kabupaten Bantul terkait dengan gerakan GP3M. Pada kegiatan ini diikuti oleh 197 orang peserta didik dari PKBM Mandiri Kretek, PKBM Pelita Sari Srandakan, LKP Arimbi, LKP Annisa, PKK dan SPNF SKB Bantul.

Warga Kabupaten Bantul mampu menciptakan produk berbahan lokal, dan mampu mendongkrak nilai jualnya. Gebyar GP3M tahun ini pertama dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul. [srw/fep]

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita