Menu Close

FGD Hasil Studi Pendahuluan Pengembangan Model

Yogyakarta (16/07/2018) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Hasil Studi Pendahuluan Pengembangan Model Belajar. Terdapat tiga hasil studi pendahuluan pengembangan model yang dibahas yaitu model kampung literasi, multikeaksaraan dan pendidikan keluarga, pada 13 Juli lalu. FGD dilaksanakan di Ruang Sidang BP PAUD dan Dikmas DIY.  FGD ini merupakan FGD tahap kedua setelah empat model diselenggarakan pada awal Juni 2018.

Hasil studi pendahuluan pengembangan model disusun oleh tim pamong belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.  Tim model pendidikan keluarga pada satuan pendidikan terdiri dari Endang Titik, S.Pd, MM, dan Y. Lilik  Subiyanto, M.Hum. Tim model kampung literasi dengan tema “Belajar dari Tetangga di rintisan kampung literasi Song Konglomerat” Natah Kulon, Natah, Nglipar, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Bais Jajuli Sidiq, S.P, Drs. Bakti Riyanta, dan Agus Hari Prabowo, M.Pd. Sedangkan Tim Model Multikeaksaraan terdiri dari Agus Hari Prabowo, M.Pd dan Is Kartini, M.Pd

Studi pendahuluan tujuannya untuk mendapatkan data dan menemukan masalah untuk alternatif solusi yang menjadi bentuk pengembangan model. Acara FGD dihadiri oleh 46 peserta yang terdiri dari sekolah yang dijadikan tempat untuk studi pendahuluan, perwakilan masyarakat, pemerhati serta pegiat literasi dan dosen dari UNY sebagai narasumber ahli.

Acara FGD diawali dengan sambutan oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas D.I Yogyakarta Drs. Bambang Irianto, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut Bambang Irianto menyampaikan harapan pengembangan model yang dilakukan merupakan model yang betul-betul bermanfaat dan berguna dan berkualitas. Selain itu, untuk pembelajaran tetapi juga bisa untuk mengenalkan daerahnya.

Pada sesi berikutnya  peserta dikelompokan ke dalam grup kecil sesuai dengan model yang dikembangkan, setiap tim pamong belajar memaparkan hasil studi pendahuluan yang sudah dilakukan dan kemudian peserta memberikan masukan dan saran terkait dengan alternatif pengembangan model yang akan dibuat. Pada akhir kegiatan tim pengembang model mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan pengembangan model tersebut. (rosi)

Pewarta: Rosianadewi Dinaryanti

Posted in Berita