Menu Close

Fasilitasi dan Pendampingan Penyelenggaraan Kursus Daring oleh UPT Ditjen PAUD dan Dikmas

Yogyakarta (28/11/2018) Sebanyak 60 orang dari unsur Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, UPT PAUD dan Dikmas melakukan koordinasi dalam rangka pendampingan dan fasilitasi penyelenggaraan kursus di Hotel Royal Darmo Malioboro Yogyakarta pada tanggal 26 sampai dengan 28 November 2018.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh pengaruh perkembangan revolusi industry 4.0 sehingga kursus harus ikut menyesuaikan jika tidak ingin tergilas oleh arus perubahan tersebut. Oleh karena itu pengelolaan pembelajaran jarak jauh kursus dan pelatihan perlu selalui dikembangkan agar dapat diakses melalui berbagai cara, termasuk dengan cara dalam jaringan. Untuk itu pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas maupun UPT PAUD dan Dikmas yaitu PP/BP PAUD dan Dikmas perlu melakukan langkah-langkah agar mampu memberikan layanan pendampingan dan fasilitasi kepada satuan pendidikan kursus dan pelatihan.

Sehubungan dengan itulah maka kegiatan peningkatan kapasitas tenaga teknis pada UPT untuk mengakomodasi maksud di atas. Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut langsung diampu oleh narasumber dari Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO SEAMOLEC).

Materi yang dibahas pada kegiatan tersebut adalah (1) konsep pembelajaran daring; (2) tata kelola penyelenggaraan kursus daring; dan (3) pengembangan konten/bahan ajar pada kursus daring. Peserta langsung dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok admin untuk pengelolaan penyelenggaraan kursus daring dan kelompok pendidik untuk pengembangan konten/bahan ajar. Pada kesempatan itu BP PAUD dan Dikmas DIY mengirimkan Dr. Cipto Suncoko dan Fauzi Eko Pranyono.

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita