Menu Close

Evaluasi Program Tutor Bantu

Yogyakarta (22/03/2021) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Bantuan Pendidik/Tutor Bantu Program PAUD Dikmas di SKB se D.I. Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program tutor bantu yang selama ini sudah berjalan dan merencanakan program yang akan dijalankan pada tahun ini. Sejumlah 31 orang mengikuti kegiatan tersebut yang terdiri Drs. Eko Sumardi, M.Pd., selaku Plt. Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, 20 orang tutor bantu SKB Kabupaten/Kota di DIY, lima Kepala SKB Kabupaten/Kota dan lima Widyaprada BP PAUD dan Dikmas DIY selaku evaluator.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menyampaikan ucapan syukur dengan adanya kembali Program Bantuan Tutor Bantu SKB yang ada di D.I. Yogyakarta. “Kita patut bersyukur dengan adanya kembali program Tutor Bantu karena berkat perjuangan kita semua program tersebut dapat diadakan karena pada anggaran awal tahun kegiatan tersebut masih belum ada” ujarnya. Pada akhir sambutan Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menyampaikan pesan kepada 20 orang tutor bantu dan Kepala SKB agar dapat terus memberikan ilmunya kepada peserta didik dengan penuh tanggungjawab meskipun sedang di kondisi pandemi seperti saat ini.

Setelah acara sambutan selesai kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang terdiri dari empat tutor bantu serta didampingi satu Widyaprada dan satu Kepala SKB. Kegiatan berkelompok bertujuan selain untuk menaati protokol kesehatan juga agar dalam proses evaluasi program tutor bantu dapat berjalan lebih efisien dan efektif. Dalam diskusi kelompok tersebut didapati beberapa masalah antara lain kurangnya sarana untuk menunjang pembelajaran jarak jauh seperti smartphone dan sinyal serta berkurangnya semangat belajar peserta didik. Oleh karena itu evaluator berpesan kepada tutor bantu agar dapat menemukan ide-ide kreatif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar meskipun melalui pembelajaran dari rumah.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita