Menu Close

Evaluasi Dampak Belajar dari Rumah pada PAUD

Yogyakarya (11/11/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY bekerjasama dengan Direktorat PAUD menyelenggarakan Koordinasi dan Pendampingan Belajar Dari Rumah. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai sarana untuk evaluasi hasil dari kegiatan Bimbingan Teknis Dalam Jaringan Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada 14-19 Juni 2020. Kegiatan diselenggarakan secara daring hingga 12 November 2020 dengan menggunakan media Zoom. Sebanyak 207 peserta berpartisipasi dalam kegiatan kali ini. Peserta merupakan guru imbas yang telah mengikuti Bimbingan Teknis Belajar dari Rumah yang telah dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY serta orang tua siswa yang telah dipandu oleh guru imbas untuk melaksanakan Belajar Dari Rumah. Adapun narasumber dalam kegiatan kali ini adalah Lathipah Hasanah dari STAI Bani Saleh, Dr. Nurjanah dari UPI, Andi Muhammad Ishak dari UNJ serta Marsono, ST, M.Kes dan Wahyu Fakhrudin, S.Sos.I dari BP PAUD dan Dikmas DIY.

Kegiatan dibuka dengan laporan dari perwakilan panitia, Marsono, ST, M.Kes. Dalam laporannya, Marsono, ST, M.Kes menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan dari Direktorat PAUD Kemdikbud yang bekerjasama dengan BP PAUD dan Dikmas DIY. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan Belajar dari Rumah pada usia dini,” jelasnya. Setelah laporan, dilanjutkan dengan pembukaan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui dampak kebijakan Belajar dari Rumah dengan penggunaan 12 buku pendamping yang telah dirilis oleh Direktorat PAUD. “Selain itu kegiatan ini juga ingin mengetahui sejauh mana anak-anak kita dalam melaksanakan Belajar Dari Rumah, apakah nyaman, senang atau tetap semangat,” tambahnya. Selain itu, kegiatan ini juga ingin mengetahui pelaksanaan kebijakan Belajar Dari Rumah dari segi orang tua. “Hal ini nanti akan digunakan dalam pengambilan-pengambilan kebijakan,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi dari masing-masing narasumber. Pada hari pertama disampaikan materi tentang Penjelasan Teknis Kegiatan dan Instrumen Evaluasi Belajar Dari Rumah oleh Lathipah Hasanah serta Pengisian Instrumen Guru dan Sharing Pengalaman Belajar Dari Rumah oleh Andi Muhammad Ishak, Dr. Nurjanah dan Marsono, ST, M.Kes. Selanjutnya pada hari kedua diisi dengan paparan materi tentang Pengisian Instrumen Orang Tua oleh oleh Andi Muhammad Ishak pada sesi pertama. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi kedua tentang Sharing Pengalaman Belajar Dari Rumah oleh Wahyu Fakhrudin, S.Sos.I.

Pewarta : Gita Kurnia Graha

Posted in Berita