Menu Close

Diklat Peningkatan Mutu Bagi Pendidik PAUD di Kecamatan Jetis Bantul

Peserta diklat di Tetis Bantul

Bantul (05/12/2019) Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kecamatan Jetis Bantul menyelenggarakan Diklat Peningkatan Mutu bagi Pendidik PAUD di Gedung Serbaguna Bulus Sumberagung. Acara yang berlangsung dari Kamis-Sabtu, 5-7 Desember 2019 ini diikuti oleh 100 orang pendidik PAUD di wilayah Kecamatan Jetis dan sekitarnya. Tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pendidik PAUD.

Pembukaan Diklat oleh Kadinas Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul, Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par., dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa profesi guru adalah profesi yang mulia. Kunci dari kemuliaan adalah melaksanakan tugas dengan ikhlas. Memilih untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan berarti harus tulus ikhlas memperlakukan anak didik. Guru atau pendidik sebaiknya mampu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan anak didik. berbagai macam tantangan akan dihadapi dalam mengemban tugas yang sangat mulia. Tugas untuk menghasilkan SDM yg berkualitas melalui pendidikan, mempersiapkan calon pemimpin yang kelak akan memimpin negara.

Oleh karena itu sebagai pendidik harus selalu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sehingga dalam menjalankan tugas bisa memenuhi tuntutan dunia pendidikan. Upaya peningkatan kompetensi dapat dicapai dengan berbagai cara diantaranya melalui diklat. Program-program diklat yang diikuti dapat menguatkan pondasi tugas utama pendidik yakni menanamkan karakter pada anak dan menyiapkan anak mengikuti jenjang pendidikan berikutnya. Pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan seni seperti melukis, menari dan sebagainya dapat dilakukan sebagai alternatif untuk memberikan penguatan pada anak usia dini.

Pewarta: Vivi Kusumastuti

Posted in Berita