Menu Close

Diklat Peningkatan Kapasitas Pengelola PKBM Menuju Akreditasi

Yogyakarta (10/08/2018) Sebanyak 39 orang pengelola PKBM se-DIY mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) Peningkatan Kapasitas Pengelola PKBM Menuju Akreditasi yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY selama lima hari mulai dari tanggal 6 sd 10 Agustus 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY dalam rangka pengembangan sumbe daya manusia eksternal.

Dalam laporannya, Dr. Cipto Suncoko, M.Pd selaku Penanggung Jawab kegiatan dan Kepala Seksi Program dan Pengembangan Sumber Daya BP PAUD dan Dikmas DIY menyebutkan tujuan dari Diklat Pengelolaan PKBM menuju akreditasi adalah Memberikan pengetahuan dan motivasi pengelola PKBM dalam mempersiapkan diri menyusun kelengkapan dokumen sebagai syarat pengajuan akreditasi program yang diselenggarakan. Selain itu, diklat ini juga memberikan keterampilan berwirausaha dan proses pembelajarannya menggunakan kurikulum K-13 serta menuju Best Practise lembaga PKBM terbaik.

“Melalui Diklat peningkatan kapasitas pengelola PKBM ini diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kemampuan lembaga dalam mempersiapkan PKBM agar segera terakreditasi,” ungkap Bambang Irianto, M.Pd. dalam pengarahannya.

Dari 167 PKBM di DIY yang memiliki NPSN, baru 67 PKBM yang terakreditasi atau baru sekitar 40,12%.  Konsekuensi dari peraturan yang berlaku saat ini,  PKBM yang belum terakreditasi tidak diperbolehkan melaksanakan ujian satuan pendidikan (USBN) ujian nasional sendiri, sehingga PKBM yang akan mengikuti ujian nasional harus menginduk pada satuan pendidikan yang terakreditasi.

“Banyak hal yang menyebabkan PKBM enggan atau belum mengajukan akreditasi, diantaranya lemahnya manajemen dari PKBM disebabkan oleh karena tenaga yang kurang, baik dari segi jumlah maupun keterampilan serta kurangnya kemampuan menterjemahkan komponen 8 SNP.” demikian penjelasan Endang Titik Setyaningsih, MM selaku panitia Diklat.

Peserta mendapatkan materi seputar pengertian, tujuan dan fungsi akreditasi melalui Sispena BAN PAUD & PNF dan Mekanisme Akreditasi. Kemudian peserta diberikan materi kelengkapan pemenuhan standar isi, standar proses, kelengkapan perangkat standar PTK dan standar sarana dan prasarana, kelengkapan perangkat standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar pengelolaan, serta penjaminan mutu.

Selain materi dari para narasumber, peserta juga diberikan materi pengelolaan lembaga menuju PKBM Best Practise melalui kewirausahaan. Kemudian peserta diminta untuk menyusun rencana aksi tindak lanjut penyusunan persiapan akreditasi. Pada hari terakhir peserta mengikuti outbond yang dipandu oleh tim outbond. Diklat ditutup oleh Dra. Emi Nurmaya selaku Kepala Subbagian Umum.

Pewarta: Rosianadewi Dinaryanti

Posted in Berita