Menu Close

Bunda PAUD dari Kabupaten/Kota dan Provinsi Terima Penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Yogyakarta (19/11/2019) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD dalam acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 dengan tema “Memantapkan Peran Bunda PAUD Menuju PAUD Berkualitas” di Balai Kartini Jakarta, Senin (18/11). Enam Bunda PAUD tingkat provinsi dan 23 Bunda PAUD tingkat kabupaten/ kota menerima apresiasi Bunda PAUD tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan oleh Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Ibu Wuri Estu Handayani Ma’ruf Amien.

Dalam sambutannya, Ibu Wuri Estu Handayani menyampaikan, pendidikan anak usia dini atau PAUD memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak. “Peran orang tua dan gurulah yang akan mengisi dan membentuknya,” tambahnya. Ibu Wury Estu Handayani juga menyinggung peran penting Bunda PAUD dalam pendidikan anak usia dini. “Pendidikan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan menjadi pondasi dan dasar baginya sebelum pelajaran kognitif lainnya diberikan. Oleh karena itu peran Bunda PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini,” jelasnya.

Hal senada juga telah disampaikan sebelumnya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Anak-anak harus dibekali dengan kemampuan adaptasi yang mumpuni dalam menghadap era yang sangat dinamis. Perubahan dunia terjadi begitu cepat dengan bantuan teknologi sehingga dituntut untuk beradaptasi dengan cepat. Selain kemampuan adaptasi, perlu ditumbuhkan seperti kemampuan berpikir kritis dan analytical thinking.

Bekal itu harus diberikan sejak dini. Karena intervensi dalam usia dini akan membuat perbedaan jangka panjang yang bersifat permanen. “Disinilah peran penting PAUD dan para Bunda PAUD. Kepada mereka kita embankan tugas mulia untuk membekali sejak dini anak-anak,” tambahnya. Sehingga acara ini pun diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para Bunda PAUD. “Semoga penghargaan ini menjadi suntikan semangat bagi pegiat PAUD di seluruh negeri untuk terus memberikan yang terbaik guna membangun generasi muda Indonesia yang unggul, generaasi muda yang dapat membawa Indonesia menjadi negara maju,” harapnya.

Dari total 29 penerima penghargaan, terdapat perwakilan dari D.I. Yogyakarta yang memperoleh apresiasi dalam acara ini. Penerima penghargaan tersebut adalah Hj. Erna Kusmawati Suharsono, Bunda PAUD dari Kabupaten Bantul.

Penulis: Gita Kurnia Graha

Sumber: Saluran Youtube Televisi Edukasi

Posted in Berita