Menu Close

BP PAUD dan Dikmas DIY Melaksanakan Penyusunan Rencana Strategis Periode 2020-2024

Pembukaan dan Pemaparan Materi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Yogyakarta (12/12/2019) Menjelang akhir tahun 2019 BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta menyusun Rencana Strategis (Renstra) baru untuk periode 2020-2024. Penyusunan Rencana Strategis 2020-2024 yang diselenggarakan 11-12 Desember 2019 di Whiz Prime Hotel Malioboro, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 3 peserta dari organisasi mitra dan 32 peserta dari lingkungan BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd memaparkan tentang kebijakan serta target capaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Drs. Eko Sumardi, M.Pd berharap agar program-program yang direncanakan sesuai dengan perubahan terkini serta mengandung nilai-nilai yang telah “Diharapkan dapat memberikan warna yang lain dari pada kemarin pada rencana yang akan disusun ini tanpa lari dari tugas dan fungsi dari lembaga,” tambahnya. Acara dilanjutkan dengan materi dari Kepala Seksi PPSD BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta, Dr. Cipto Suncoko, M.Pd. yaitu “Program Pengembangan SDM BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta.

Kegiatan ini juga mengundang narasumber dari Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, yaitu Lismanto, S.Ap., M.Si. dan Gabriel Sahrundi, M.Pd. Materi yang dipaparkan narasumber berkaitan dengan penyusunan Rencana Strategis 2020 – 2024. Materi pertama dipaparkan oleh Lismanto, S.Ap., M.Si. yaitu “Capaian Program PAUD Dikmas Dan Teknokratik Renstra 2020-2024”. Paparan diawali dengan capaian program PAUD dan Dikmas secara nasional dilanjutkan dengan rancangan program dan target Rencana Strategis Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas 2020 – 2024 yang diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024. Materi kedua dipaparkan oleh Gabriel Sahrundi, M.Pd. tentang “Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 Dan Pedoman Renstra 2020-2024”.

Diskusi tim penyusunan rencana strategis

Pada hari kedua acara dilanjutkan dengan diskusi antar peserta dalam penyusunan rancangan rencana strategis 2020 – 2024. Teknis diskusi seperti yang telah disampaikan sebelummnya oleh Kepala Sub Bagian Umum, M.Th. Yetti Pudiyantari, M.Pd. Peserta dibagi menjadi empat tim yang masing-masing tim dipandu oleh satu operator. Tiap-tiap tim mendiskusikan masing-masing bab rencana strategis yang sudah dibagi sebelumnya.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita