Menu Close

BP PAUD dan Dikmas DIY Lakukan Benchmarking Persiapan ZIWBK ke PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah

Arahan Kepala PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah, Ir. Djajeng Baskoro, M.Pd. terkait dengan persiapan ZIWBK

Yogyakarta (31/12/2019) BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta melakukan kunjungan ke PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah pada 30-31 Desember 2019. Rombongan yang berjumlah 7 orang ini dipimpin oleh Drs. Hikmat Widayat. Drs. Hikmat Widayat menyampaikan tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan benchmarking dalam rangka persiapan menjadi lembaga yang termasuk dalam Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZIWBK).

Rombongan disambut baik oleh Kepala PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah, Ir. Djajeng Baskoro, M.Pd. Menurut Ir. Djajeng Baskoro, MPd. dalam arahannya, menyampaikan selain sarana prasarana dan penerapan K5 (Kedisiplinan, Ketertiban, Kebersihan, Kerapihan, dan Keindahan) ada dua hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka memperoleh ZIWBK, yaitu dokumen administratif dan pelayanan yang diukur dari kepuasan pelanggan. “Pelayanan dan kepuasan stakeholder merupakan bagian yang sangat penting dalam penilaian ZIWBK. Suatu instansi harus mengerti betul sasaran yang dilayani dan jumlah satuan yang telah dilayani pertahunnya, karena nantinya BPS akan meminta data siapa saja yang pernah dilayani oleh instansi untuk mengetahui tingkat pelayanan kepada stakeholder dan semua stakeholder tersebut harus memberikan jawaban yang sangat baik dan memuaskan. Untuk itu instansi perlu melalukan pendampingan yang intensif kepada stakeholder”, jelasnya.

Ir. Djajeng Baskoro, MPd juga menyampaikan bahwa ada satu hal  yang tak kalah penting dalam persiapan ZIWBK yaitu menyelesaikan permasalahan internal instansi. Bagaimana suatu instansi dapat dikatakan melayani stakeholder dengan baik apabila permasalahan internal yang ada di lembaganya belum bisa terselesaikan. Pimpinan dan semua staf sangat memiliki peran penting dalam memperoleh ZIWBK ini, sehingga diharapkan dalam menghadapi ZIWBK ini sudah tidak ada permasalahan tersebut. “Permasalahan internal dalam instansi dapat diselesaikan dengan pembinaan pegawai yang intensif. Dibuat sebuah acara yang membangun kesepakatan bersama untuk WBK serta membangun komitmen pimpinan dan staf, sehingga semua yang terlibat dalam ZIWBK bisa mempunyai  persepsi yang sama”, tambahnya.

Rombongan berfoto bersama dengan pimpinan dan staf PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah

Rombongan melanjutkan kegiatan dengan berkeliling kantor dan berdiskusi dengan penanggung jawab dari masing-masing bidang. Rombongan juga berkesempatan untuk melihat dan mendokumentasikan berkas administratif persiapan ZIWBK.

Pewarta: Winda Pratiwi

Posted in Berita