Menu Close

BP PAUD dan Dikmas DIY dan IGTKI-PGRI DIY Gelar Webinar Guru Ceria Dampingi Anak Merdeka Belajar

Yogyakarta (09/10/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia PGRI (IGTKI-PGRI) DIY menyelenggarakan webinar nasional dengan tema “Guru Ceria Dampingi Anak Merdeka Belajar” Jumat, (09/10). Narasumber dalam webinar kali ini adalah Drs. Eko Sumardi, M.Pd. selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Dra. Evita Adnan selaku Dosen PGSD Universitas Negeri Jakarta, serta Shinta, M.Si., MA selaku Praktisi Psikologi dan Pendidikan. Adapun moderator pada webinar ini adalah Panca Haryadi Awan, S.Pd. dari Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Webinar kali ini diikuti oleh 1.250 peserta melalui Zoom serta siaran langsung Youtube di kanal BP PAUD dan Dikmas DIY.

Webinar diawali dengan sambutan serta pembukaan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Belajar Dari Rumah saat ini mulai muncul keluhan dari guru, orang tua maupun siswa. Terutama siswa yang mulai bosan dengan pelaksanaan Belajar Dari Rumah. Sehingga peran guru dalam hal tersebut sangat penting. Maka diperlukan guru yang ceria. “Kalau tidak ceria, menyikapi pandemi ini dengan pesimis atau dengan rasa takut dan macam-macam nanti akhirnya anak-anak kita tidak terlayani,” jelasnya. Sehingga akan muncul generasi emas yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia seperti harapa masyarakat.

Sesi dilanjutkan dengan paparan materi dari Dra. Evita Adnan dengan tema “Optimalisasi Perkembangan Potensi Anak Melalui Merdeka Belajar”. Dra. Evita Adnan menyampaikan bahwa dalam membimbing anak yang harus ceria tidak hanya guru, orang tua pun harus ceria. Maka ketika menghadapi anak saat pembelajaran sikap ceria ini harus ditampilkan, karena jika tidak akan berdampak pada sikap anak pula. “Guru akan ceria jika guru tau tentang anak. Guru tidak akan ceria jika guru tidak tau cara megang anak,” jelasnya.

Setelah paparan Dra. Evita Adnan, dilanjutkan dengan paparan dari Shinta, M.Si., MA. Paparan dari Shinta, M.Si., MA bertema “Guru Ceria Dampingi Anak Merdeka Belajar (Tinjauan Psikologis)”. Shinta, M.Si., MA menyampaikan bahwa tujuan dari guru ceria adalah untuk mendapatkan anak didik yang bahagia. “Jika ingin anaknya bahagia, ya gurunya dulu yang harus ceria. Bapak ibunya dulu yang harus happy,” jelasnya. Shinta, M.Si., MA pun berharap kedepannya tidak hanya menjadikan anak sebagai objek. Guru serta orang tua pun harus terus mengasah diri.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita