Menu Close

BP PAUD dan Dikmas DIY Beserta Pokja Ibu PAUD DIY Gelar Webinar Pengembangan PAUD Holistik Integratif

Yogyakarta (03/10/2020) Sebanyak 1.100 orang peserta mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY beserta Pokja Ibu PAUD DIY, Sabtu (3/10). Webinar dengan tajuk “Pengembangan PAUD Holistik Integratif dan Berkualitas” kali ini menghadirkan GKR Hemas selaku Ibu PAUD DIY sebagai Keynote Speaker serta Drs. Eko Sumardi, M.Pd. (Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY), Dr. Yeni Tri Wahyuningsih, S.Psi., M.M., Psikolog (Praktisi Pendidikan dan Psikolog Anak dan Remaja), dan Ki Sutikno (Ketua Komisi Perlindungan Anak Kota Yogyakarta) selaku narasumber. Selain itu, Dr. Muhammad Hasbi (Direktur PAUD Kemdikbud) akan mengisi sambutan pada webinar yang dimoderatori oleh M.Th. Yetti Pudiyantari, M.Pd (Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY). Webinar dilaksanakan secara daring dengan menggunakan Zoom serta disiarkan secara langsung di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY.
Webinar dimulai dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh GKBRAA Paku Alam selaku ketua panitia. Dalam laporannya, GKBRAA Paku Alam menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya webinar kali ini adalah mensosialisasikan kebijakan pengembangan program PAUD berkualitas dan pengetahuan pola asuh, kesehatan gizi, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak serta gerakan PAUD holistik integratif melalui koordinasi lintas sektor. “Menguatkan terimplementasinya program PAUD di DIY berbasis karakter dan budaya jawa serta menguatkan pengelolaan lembaga PAUD di masa pandemi,” tambahnya.

Sambutan Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi.

Webinar dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi. Dr. Muhammad Hasbi menyampaikan bahwa tema dalam webinar kali ini merupakan tema yang sangat relevan dalam rangka memfasilitasi anak-anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal saat menghadapi pandemi. “Hadirnya layanan PAUD holistik integratif ini bertujuan agar anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan secara optimal kemudian menjadi pribadi yang bermanfaat kelak apabila mereka menjadi dewasa,” jelasnya.

Penyampaian materi dari GKR Hemas selaku Keynote Speaker sekaligus membuka acara secara resmi


Setelah Dr. Muhammad Hasbi menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh GKR Hemas selaku Keynote Speaker sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam paparannya, GKR Hemas menyinggung pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini di masa pandemi sebagai pengasuh pertama yang harus dilibatkan.

Pemaparan materi dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd


Sesi dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing narasumber. Diawali oleh paparan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd dengan tema “Urgensi Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (Perpres No. 60 Tahun 2013)”. Setelah paparan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd, dilanjutkan dengan paparan dari Dr. Yeni Tri Wahyuningsih, S.Psi., M.M., Psikolog tentang “Strategi Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini”. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Ki Sutikno dengan tema “Internalisasi Bahasa dan Budaya Jawa dalam Pembelajaran bagi PAUD”.
Pewarta : Gita Kurnia Graha

Posted in Berita