Menu Close

Bimtek TUK Tata Boga dan Tata Busana Pendidikan Kesetaraan SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta

Yogyakarta (01/12/2020) UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) TUK Tata Boga dan Tata Busana Pendidikan Kesetaraan pada Senin, 30 November sampai dengan Selasa, 1 Desember 2020. SPNF SKB Kota Yogyakarta telah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Tata Busana pada tahun 2018 dan menjadi TUK Tata Boga pada tahun 2019.

Bimtek TUK Tata Boga dengan narasumber Ramadhani Noor Fajrin, S.Pd., selaku tutor dan praktisi tata boga, memaparkan dalam pelaksanaan uji kompetensi tata boga memerlukan ketekunan dan pengalaman peserta didik Paket B dan Paket C sejak awal mengikuti keterampilan tata boga. Uji kompetensi terdiri dari jurusan pasty bakery, jurusan restoran dan jurusan tata hidang. Peralatan di TUK Tata Boga SPNF SKB Kota Yogyakarta mendukung uji kompetensi jurusan pasty bakery, dengan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) tahun 2020.

Senada dengan narasumber sebelumnya, Romiyati, S.Pd., narasumber TUK Tata Busana, memaparkan TUK Tata Busana SPNF SKB Kota Yogyakarta, menyelenggarakan uji kompetensi tata busana level 2 untuk tingkat dasar, level 3 untuk tingkat mahir. Uji kompetensi tingkat dasar menjahit, mengobras, dan membuat lobang kancing. Level mahir dari membuat design, mengukur orang, membuat pola dasar, merubah pola, menandai poladilakukan dengan proses pengambilan ukuran, pembuatan pola kecil skala 1:4, pembuatan rancangan bahan, rancangan harga, pembuatan pola skala 1:1, pemotongan bahan, menandai pola, menjahit, finishing, dan fitting.

Laporan ketua panitia penyelenggara Bimtek, Abu Sarnyata, S.Pd.

Abu Sarnyata, S.Pd., ketua panitia penyelenggara mengatakan Bimtek TUK Tata Boga dan Tata Busana Pendidikan Kesetaraan memberikan gambaran dan penjelasan teknis persiapan yang dilakukan TUK dan peserta uji kompetensi tata boga dan tata busana pendidikan kesetaraan. Dengan demikian saat lulus dari program Paket B maupun Paket C SPNF SKB Kota Yogyakarta, peserta didik selain mengantongi ijazah mereka juga memperoleh sertifikat uji kompetensi tata boga atau tata busana.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita