Menu Close

Bimtek Penyusunan USBN Pendidikan Kesetaran untuk Tutor se-DIY

Yogyakarta (28/03/2018) Mulai tahun ini ujian pendidikan kesetaraan ditingkatkan menjadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Untuk itu perlu disiapkan tutor penyusun soal USBN yang memahami kaidah penyusunan soal sesuai ketentuan yang berlaku. Karena itulah pada tanggal 27 sd 29 Maret 2018 bertempat di Hotel KJ Yogyakarta dilaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Soal USBN Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Paket B, dan Paket C tahun  pelajaran 2017/2018 se-DIY.

Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD FTKPN DIY) dan didanai oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas. Bimbingan teknis dibuka secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Bambang Irianto, M.Pd. “Dalam penyusunan soal USBN harus sesuai kaidah, dapat menghasilkan soal yang bermutu, dapat mengukur yang seharusnya diukur, harus mengacu pada kurikulum, tidak boleh melenceng keluar dari kurikulum, tidak boleh asal jadi, atau harus berbobot karena soal USBN menjadi penentu kelulusan,” demikian ungkap Bambang Irianto.

“Soal USBN adalah soal yang memiliki standar nasional sama, yang diujikan dan berlaku secara nasional, mapelnya sama, materinya dan kurikulumnya sama, kisi-kisinya sama, kaidahnya sama, dan kompetensi capaiannya minimal sama,”  jelas Sudijarto, M.Pd., selaku Ketua Panitia yang juga sekaligus Ketua DPD FTPKN DIY.

Kegiatan bimbingan teknis diikuti oleh 87 orang yang terdiri dari penyusun soal USBN Paket A, Paket B dan Paket C. Penyusunan soal menggunakan kisi-kisi USBN yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan serta kaidah penyusunan soal USBN dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud. Setelah soal disusun dan direview oleh tim diharapkan dapat digunakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota untuk dirakit dengan soal 25% dari pusat. Selanjutnya setelah dirakit soal diteruskan kepada satuan pendidikan nonformal penyelenggara USBN.

Kepala Subdit Pendidikan Kesetaraan dan Berkelanjutan, Dr. Samto, berkesempatan hadir di tengah acara bimbingan teknis memberikan pengarahan kepada seluruh peserta untuk menyampaikan kebijakan USBN dan pendidikan kesetaraan pada umumnya. “Bimtek penyusunan soal USBN oleh DPD FTPKN DIY terorganisasi dengan baik dengan melibatkan tutor-tutor dari satuan pendidikan terakreditasi sehingga diharapkan kualitas soal USBN di DIY akan lebih baik. Terima kasih kepada forum tutor DIY dan BP PAUD dan Dikmas DIY yang telah bekerjasama dengan apik,” demikian kesan pria yang juga punya hobbi memancing ini di akhir kunjungan bimtek di Hotel KJ.

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita