Menu Close

Bimtek Penggunaan Video Conference Webex untuk Pembelajaran PAUD dan Dikmas

Sambutan Kepala Seksi PPSD, Dr. Cipto Suncoko, M.Pd dalam pembukaan bimbingan teknis

Yogyakarta (05/11/2019) Lima puluh peserta mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penggunaan Video Conference Webex untuk Pembelajaran PAUD dan Dikmas yang diselenggarakan pada 5 November 2019. Peserta berasal dari dinas pendidikan kabupaten/kota, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kabupaten/kota, organisasi mitra yaitu Forum LKP, HIPKI, IGTKI, IPABI, Forum PKBM, BAN PAUD dan PNF DIY, HIMPAUDI serta BP PAUD dan Dikmas DIY. Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium lt. 2 BP PAUD dan Dikmas DIY ini merupakan kerjasama antara BP PAUD dan Dikmas DIY dengan SEAMO SEAMOLEC.

Indri Purwanto, S.H. selaku ketua kegiatan menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengenalan, pemahaman serta keterampilan peserta dalam penggunaan video conference dengan aplikasi Cisco Webex untuk pembelajaran PAUD dan Dikmas. Dengan diperkenalkannya aplikasi tersebut, Indri Purwanto, S.H berharap peserta dapat menggunakan metode video conference dengan untuk memfasilitasi kegiatan sidang, rapat, seminar dalam jarak yang jauh sehingga lebih efisien baik dalam hal waktu maupun biaya perjalanan. “Nantinya di masa mendatang kegiatan seperti rapat, seminar dan lain-lain tidak lagi terikat oleh ruang fisik. Cukup dibutuhkan sebuah teknologi yang membantu saat tidak ditempat atau berada diluar kantor dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex ini,” ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi PPSD BP PAUD dan Dikmas DIY, Dr. Cipto Suncoko, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Cipto Suncoko, M.Pd menjelaskan bahwa ke depan penggunaan aplikasi tersebut untuk mempercepat perluasan akses pengembangan mutu. “Dengan menggunakan Webex ini lebih terjangkau dan lebih cepat karena dengan aplikasi ini kita sudah bisa memanfaatkan, sudah bisa berkoodinasi dengan cara-cara yang lebih efektif,” tambahnya.

Peserta bimtek mempraktikkan penggunaan aplikasi Cisco Webex

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing narasumber. Narasumber kegiatan terdiri dari Kepala Seksi PPSD BP PAUD dan Dikmas DIY, Dr. Cipto Suncoko, M.Pd. serta tim dari SEAMO SEAMOLEC. Tim dari SEAMO SEAMOLEC beranggotakan 3 orang, yaitu Zahrani Bilqis, Rindriana Martasari Putri, serta Ruli Handrian. Paparan materi diawali oleh Dr. Cipto Suncoko, M.Pd. mengenai Revolusi Industri 4.0 yang disertai dengan pembukaan kegiatan. Materi dilanjutkan oleh tim dari SEAMO SEAMOLEC dengan mempraktekan langsung bersama peserta. Materi yang dipaparkan adalah perkenalan SEAMO SEAMOLEC oleh Zahrani Bilqis, pengenalan aplikasi Cisco Webex oleh Rindriana Martasari Putri dan metode perekaman video conference oleh Ruli Handrian.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita