Menu Close

Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan

Peserta Bimtek sedang praktek menyusun program pemberdayaan.

Yogyakarta (29/05/2019) Menindaklanjuti Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kurikulum 2013 yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2018, BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan pada tanggal 27 sd 29 Mei 2019. Bimbingan teknis yang diikuti oleh 50 orang pengelola dan tutor se-Daerah Istimewa Yogyakarta ini mencakup penyusunan program kelompok khusus yaitu program pemberdayaan dan program keterampilan, serta perencanaan pembelajaran meliputi pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Dalam sambutan pembukaan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, MPd., menyampaikan agar pengelola dan tutor pendidikan kesetaraan mengimplementasikan kurikulum 2013 sesuai dengan standar nasional pendidikan, dengan demikian pendidikan kesetaraan akan semakin diakui kualitasnya oleh masyarakat. “Kini pendidikan kesetaraan tidak lagi sekedar alternatif, tapi sudah menjadi pilihan bagi masyarakat. Oleh karena itu kita hendaknya terus meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan kesetaraan”, tambah Eko Sumardi.

Pada kesempatan lain, Fauzi Eko Pranyono Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini menjelaskan bahwa peserta dipilih dari satuan pendidikan yang berstatus akreditasi A dan B, dengan harapan mampu menjadi rujukan bagi satuan pendidikan lainnya di kabupaten/kota. “Muatan kelompok khusus yang terdiri dari program pemberdayaan dan program keterampilan merupakan salah satu ciri utama pendidikan kesetaraan. Sementara itu satuan pendidikan masih mengalami kesulitan dalam merancang program tersebut, oleh karena itu dalam bimbingan teknis ini dibahas tentang hal tersebut,” jelas pria berkaca mata ini.

Pembelajaran pendidikan kesetaraan kurikulum 2013 dilaksanakan berbasis modul, oleh karena itu perencanaan pembelajaran juga disesuaikan dengan implementasi pembelajaran berbasis modul. Perencanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan akan sangat berbeda dengan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah. Oleh karena itulah pada kesempatan bimbingan teknis kali ini dibahas bagaimana tahapan pengembangan silabus dan penyusunan RPP berbasis modul sehingga skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran akan sesuai dengan modul yang disusun oleh pemerintah.

Bimbingan teknis ini juga diisi oleh Dr. Subi Sudarto, M.Si, Kasi Pendidikan Kesetaraan pada Subdit Pendidikan Kesetaraan dan Berkelanjutan yang menyampaikan materi “Kebijakan Pendidikan Kesetaraan”. Pada kesempatan tersebut dijelaskan arah dan kebijakan pendidikan kesetaraan terkait dengan kurikulum 2013. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita