Menu Close

Bimbingan Teknis Verifikasi Data Mutu Pendidikan Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021

Yogyakarta (11/11/2021) BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis Verifikasi Data Mutu Pendidikan Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021 secara daring melalui Zoom Meeting.  Bimbingan diikuti oleh 121 peserta dari unsur Penilik dan Pengawas se-D.I. Yogyakarta dan Widyaprada BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta. Pelaksanaan bimbingan teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai instrumen data mutu Pendidikan PAUD dan Dikmas tahun 2021 dan mempersiapkan peserta dalam melaksanakan pengumpulan data mutu di satuan pendidikan. Narasumber pada bimbingan teknis ini adalah Drs. Eko Sumardi M.Pd., Marsono, ST., M.Kes., Wahyu Fakhrudin, S.Sos.I. serta Joko Santoso, SE.

Pembukaan kegiatan secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memverifikasi sejauh mana validitas data-data yang sudah dikumpulkan, baik itu data dari hasil supervisi maupun dari satuan yang belum mendapatkan supervisi tetapi sudah memiliki nilai yang baik. “Kemudian data yang sudah diverifikasi akan kita analisis dan olah untuk keperluan supervisi pada tahun 2022”, tambahnya.

Drs. Eko Sumardi, M.Pd. juga menyampaikan bahwa setelah Pengawas dan Penilik melakukan verifikasi data ke lapangan, BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan melakukan validasi data. “Kami akan turun ke lapangan mengambil sampel untuk melakukan validasi data secara acak. Untuk setiap kabupaten/kota akan diambil sampel 50 satuan,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi dari masing-masing narasumber. Peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok PAUD dan Dikmas. Pada kelompok PAUD, pemaparan materi disampaikan oleh Marsono, S.T., M.Kes dengan materi Instrumen Pengumpulan Data Mutu PAUD. Sedangkan pada kelompok Dikmas pemaparan materi disampaikan oleh Wahyu Fakhrudin, S.Sos.I. dengan materi Instrumen Pengumpulan Data Mutu Dikmas. Kemudian peserta dikumpulkan kembali menjadi satu kelompok dan dilanjutkan penyampaian materi tentang Mekanisme Pertanggungjawaban Administrasi Keuangan oleh Joko Santoso, SE.

Pewarta: Winda Pratiwi

Posted in Berita