Menu Close

Bimbingan Teknis Uji Coba Kompetensi Pengelola LKP

 

Yogyakarta (13/11/2018) Sebanyak 30 orang pengelola Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) pada tanggal 13, 14 dan 16 November 2018 mengikuti Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Pengelola LKP di aula BP PAUD dan Dikmas DIY. Kegiatan bimbingan teknis ini diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesi (HIPKI) DIY.

Bimtek ini bertujuan untuk memberdayakan pengelola LKP, serta pembinaan dan pengembangan mutu kualitas LKP. Para peserta mendapatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang pengembangan manajerial lembaga kursus dari berbagai narasumber di bidangnya. Pada hari terakhir para peserta akan melakukan tes tulis dan diuji oleh tim TUK PLKP DIY dalam rangka penentuan mutu kualitas masing-masing pengelola LKP. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya pengelola LKP di DIY yang bersertifikasi sehingga dapat menunjang kualitas mutu LKP dan mempermudah dalam penyaluran tenaga kerja.

Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Bambang Irianto, M.Pd mengatakan bahwa para peserta bimtek diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk menyosialisasikan program-program kepada sasaran yang lebih spesifik yaitu peserta didik dan masyarakat. Dengan demikian, selain memiliki kompetensi, peserta juga memiliki nilai nilai karakter yang mengikuti perkembangan zaman sehingga mampu menjawab tantangan zaman hari ini. Sertifikasi Lembaga kursus tidak hanya bertujuan untuk formalitas stempel dari pemerintah bagi LKP, tetapi lebih dari itu sertifikasi dapat menunjang setiap lembaga untuk lebih banyak menyerap peserta didik tentunya dengan diikutinya mutu kualitas yang makin baik bagi masing-masing LPK. BP PAUD dan Dikmas DIY sangat terbuka bagi lembaga-lembaga kursus.

Oleh karena itulah bagi LKP yang berkembang diprioritaskan mengikuti sertifikasi. BP PAUD dan Dikmas DIY siap memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan bagi LKP dalam proses sertifikasi. Ke depannya LKP dapat menjadi penghubung bagi perusahaan yang masih kekurangan dalam kualitas pekerja yang dimiliki.

Pewarta: Rosianadewi Dinaryanti

Posted in Berita