Menu Close

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Staf BP PAUD dan Dikmas DIY dan SKB se-DIY dalam Pelayanan Prima Tahun 2018

Yogyakarta (01/11/2018) Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan. Reformasi  ini menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business process) dan sumber daya manusia. Tujuannya adalah menciptakan birokrasi yang professional, berkarakter, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara

Pada saat ini institusi pemerintah diharapkan peka terhadap permasalahan yang dihadapi publik. Masyarakat saat ini menghendaki kecepatan dan ketepatan dalam urusan yang berhubungan dengan pelayanan pemerintah. Masyarakat ingin dilayani secara prima, karena saat ini masyarakat semakin mudah melakukan kontrol terhadap apa yang dilakukan oleh pegawai pemerintah. Jika masyarakat tidak puas terhadap kinerja pegawai, mereka bisa dengan mudahnya menyebarkan apa yang dirasakannnya saat itu juga lewat bermacam media sosial. Dampak negatifnya tidak hanya akan dirasakan oleh seorang pegawai yang berkinerja buruk, namun hal itu akan berimbas pada nama baik sebuah instansi pemerintahan.

Hal itulah yang mendasari dilaksanakannya Bimbingan Teknis bagi Staf BP PAUD dan Dikmas DIY dan SKB se-DIY dalam Pelayanan Prima. Bimbingan teknis ini dilaksanakan selama 3 hari mulai Selasa sampai dengan Kamis tinggal 30 Oktober-1 November 2018. Tempat kegiatan bimbingan teknis ini di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul, Dusun Semail, Sewon, Bantul.

Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti 40 (empat puluh) orang staf baik dari BP PAUD dan Dikmas DIY maupun staf SKB se-DIY. Selama tiga hari kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan materi dari pimpinan BP PAUD dan Dikmas dan Kapilawastu (School of HRD and Personality). Materi yang diberikan berupa hal-hal integrative dalam membangun personalitas ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hasil akhir yang ingin dicapai adalah para peserta memiliki pola pikir (mindset) yang dibutuhkan oleh ASN sebagai pelayan masyarakat yang baik sesuai dengan prinsip dan praktik pelayanan prima.

Pewarta: Agus Hari Prabowo

Posted in Berita