Menu Close

Bimbingan Teknis Pembelajaran Daring Pendidikan Kesetaraan

Yogyakarta (16/11/2018) Dampak kemajuan teknologi dan informasi tidak dapat dibendung lagi di semua aspek kehidupan. Begitu pula dengan dunia pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi digunakan dalam interaksi pembelajaran. Pola belajar dan mengajar sudah berubah.

Pemanfaatan teknologi dan informasi ini diterapkan pula di jalur pendidikan nonformal, khususnya pendidikan kesetaraan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Ditjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud, telah mengembangkan aplikasi guna mengatasi berbagai kendala. Aplikasi “seTARA daring” telah diluncurkan sejak tahun 2016 dan diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pegiat kesetaraan.

Keberadaan aplikasi “seTARA daring” ini oleh BP PAUD dan Dikmas DIY disosialisasikan dan dilatihkan kepada para tutor pada satuan pendidikan nonformal. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk bimbingan teknis (bimtek) pembelajaran daring pendidikan kesetaraan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 15, 21, dan 22 November 2018 di BP PAUD dan Dikmas DIY.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 (empat puluh) orang peserta yang berasal dari PKBM dan SKB se DIY. Tujuannya adalah untuk membekali para tutor dalam mengelola dan melaksanakan pembelajaran daring sebagai salah satu alternatif pembelajaran bersama peserta didik. Materi yang disajikan selama bimtek meliputi Kurikulum 2013, Pengelolaan Akun “seTARA daring”, GBIPM dan Unggah Materi, Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar pada Aplikasi “seTARA daring”, serta beberapa materi umum lainnya. Materi-materi tersebut disajikan oleh para pamong belajar BP PAUD dan Dikmas DIY yang berkompeten di bidang tersebut.

Pewarta: Agus Hari Prabowo

Posted in Berita