Menu Close

Bimbingan Teknis Keaksaraan Usaha Mandiri dan Multikeaksaraan

Yogyakarta (20/07/2019) Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Daerah Istimewa Yogyakarta (BP PAUD dan Dikmas DIY) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tutor Keaksaraan, pada tanggal 19-21 Juni 2019 di kantor BP PAUD dan Dikmas D.I Yogyakarta. Kegiatan Bimbingan teknis tutor lanjutan diikuti oleh 50 orang yang berasal dari tutor keaksaraan lanjutan baik Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) maupun multikeaksaraan. Bimtek ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman komperhensif tentang program keaksaraan lanjutan.

Kegiatan bimtek dibuka oleh Drs. Fauzi mewakili kepala balai. Dalam pembukaannnya Fauzi menekankan bahwa Yogyakarta bukan kantong buta aksara atau dengan kata lain sudah bebas dari buta aksara. “Namun, kemampuan keaksaraan terus harus dipelihara agar mereka tidak menjadi aksara kembali,” ujarnya.

Selama bimbingan teknis, ada 5 materi inti yang disampaikan, yaitu; (1) Program Pendidikan Keaksaraan Lanjutan (urgensi, pendekatan, dan metode); (2) Perencanaan pembelajaran keaksaraan lanjutan (silabus dan RPP); (3) Pengembangan bahan ajar lanjutan; (4) kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan menyenangkan; (5) Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik keaksaraan. Peserta juga mempraktikkan simulasi mengajar.

Pewarta: Rosianadewi Dinaryanti

Posted in Berita