Menu Close

Bimbingan Teknis Daring Pengelolaan Dana BOP PAUD 2020

Yogyakarta (5/11/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2020 secara daring, Kamis (5/11). Bimbingan teknis diselenggarakan untuk membekali peserta tentang kebijakan pemberian bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan, materi perpajakan, dan penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOP. Materi-materi tersebut akan disampaikan oleh narasumber yang berasal dari BP PAUD dan Dikmas DIY, Inspektorat Jenderal Kemdikbud serta dari KPP Kabupaten Bantul.

Peserta yang mengikuti bimbingan teknis kali ini berasal dari unsur kepala sekolah, pengelola satuan pendidikan serta unsur lain yang terkait dengan pengelolaan dana BOP PAUD. Adapun pelaksanaan bimbingan teknis dibagi menjadi tiga angkatan dengan menggunakan media Zoom serta WhatsApp Group. Angkatan pertama diselenggarakan tanggal 5-6 November 2020, angkatan kedua tanggal 11-12 November 2020 dan angkatan ketiga tanggal 23-24 November 2020. Adapun peserta yang berpartisipasi pada Angkatan 1 sejumlah 90 peserta, Angkatan 2 sejumlah 100 peserta, dan Angkatan 3 sejumlah 100 peserta.

Kegiatan dibuka oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY. Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan, bimbingan teknis ini diselenggarakan karena satuan pendidikan masing awam dengan pertanggungjawaban tentang dana BOP yang diterima. “Sehingga bapak ibu nanti tidak ada permasalahan hukum, penyimpangan anggaran yang akan menimbulkan masalah hukum,” jelasnya. Sehingga nantinya tidak ada kesimpangsiuran informasi berkaitan dengan pembukuan, pajak maupun pertanggungjawabannya. “Oleh karena itu, kita samakan persepsi dengan ahlinya sehingga nanti kita nyaman untuk penggunaan dana BOP ini,” tambahnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd melanjutkan pemaparan materi tentang “Tantangan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. Setelah paparan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd, dilanjutkan paparan dari masing-masing narasumber sesuai dengan jadwal. Bimbingan teknis kali ini menggunakan dua metode, yaitu dengan tutorial yang disampaikan oleh narasumber kepada peserta menggunakan media Zoom serta diskusi maupun pendalaman materi menggunakan media Whatsapp Group.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita