Menu Close

Bersama, Berkarya, dan Jaya: Membangun Komitmen

Yogyakarta (26/04/2019) Slogan Balai Pengembangan  PAUD dan Dikmas DIY, yang dideklerasikan oleh Eko Sumardi, Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta, pada saat pembukaan peningkatan Kompetensi dan Pembinaan Disiplin serta Etika Profesi Pegawai, yaitu Bersama, Berkaya, dan Jaya. Slogan tersebut diharapkan menjadi motivasi untuk selalu bekerja sama semua komponen yang harus saling bergandengan tangan menuju keberhasilan. Hal tersebut disampikan pada kegiatan outbond yangdilaksnakan pada tanggal 25dan 26 April 2019 di Hotel dan Resort Griya Persada Kaliurang. Kegiatan ini diikuti oleh semua pegawai yang berjumlah 50 orang.

Kegiatan outbonddilakukan dengan bentuk permainan, yaitu konsentrasi, pembagian peran,  kerjasama, dan komunikasi. Semua jenis permainan diharapkan dapat membangun komitmen untuk meraih hasil yang optimal. Langkah-langkah yang dilakukan harus sesuai prosedur yang disampaikan. Permainan tersebutsebagai bentuk saling keterkaitan antara sesamapegawai, disesuaikan dengan tugas masing-masing. Karena seorang pegawai harus disiplin, baik, dan tulus. Kedisiplinan akan menumbuhkan kejujuran, kebaikan akan menumbuhkan kebenaran, dan tulus akan menumbuhkan keiklasan. Pegawai juga harus memotivasi dirinya setiap hari ketika akan bekerja, yaitu “hari ini aku mau bahagia, apapun yang terjadi aku mau bahagia, aku yakin hari ini aku mau bahagia”. Dengan afirmasi dan sugesti yang dibangun,  ketika dikantor akan bersemangat, menurut Maryati selaku nara sumber.

Untuk menambah motivasi juga dilakukan kegiatan di alam, dengan menggunakan jeep terbuka yang melewati bekas erupsi merapi yang terjadi pada tahun 2010. Kegiatan ini sebagai antisipasi mitigasi bencana, yaitu dengan memahami dan mengenali lingkungan dan tanda-tanda, akan mengurangi dari bencana, memahami lingkungan yang tepat akan terhindar dari bencana.

Tidak kalah penting dalam kegiatan kali ini dikenalkan filosofi limajari, yaitu bersyukur dengan jempol, Iklas dengan telunjuk, pemaaf dengan jari tengah, suka memberi dengan jari manis, dan positif tinkhing dengan kelingking. Mari kita praktekkan!

Pewarta: Hasiyati

Posted in Berita