Menu Close

Belajar Menu Makan bagi Lansia

Salah satu tahap dalam pelaksanaan pengembangan model multikeaksaraan adalah ujicoba operasional produk. Ujicoba ini dilakukan untuk melihat sejauhmana produk yang dikembangkan mempunyai pengaruh terhadap sasaran. Oleh karena itu, produk ini diterapkan dalam pembelajaran pada kelompok belajar.

Proses ujicoba operasional model multikeaksaraan ini mengambil tempat di 3 lokasi yang berbeda. Salah satunya di PKBM Karya Mandiri, Desa Wareng, Wonosari, Gunungkidul. Ujicoba operasional ini berlangsung dari tanggal 29-30 November 2018. Tema yang dipilih untuk kelompok adalah tentang menu makan bagi lansia. Hal ini dikarenakan para peserta didik banyak yang sudah masuk dalam kategori lansia.

Dinamika pembelajaran kelompok dilakukan melalui kegiatan membaca, menulis, berhitung, dan diskusi. Peserta didik belajar tentang berbagai bahan makanan yang sesuai dengan usia mereka. Di samping itu, peserta didik juga mendapatkan pengetahuan baru tentang kadar kalori dari makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Pengetahuan ini diperoleh dengan membaca tabel muatan kalori berbagai jenis makanan yang direfleksikan dengan jumlah konsumsi harian para peserta didik. Jadi, peserta didik belajar tentang data menu makan mereka dan membandingkannya dengan informasi yang disediakan.

Respon peserta didik juga cukup antusias karena ini merupakan hal baru yang harus diketahui. Beberapa peserta didik menyatakan bahwa sekarang mereka bisa mengukur apa yang harus dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu, mereka juga senang dengan pembelajaran yang menggunakan bantuan tayangan komputer dan LCD proyektor. Belajar jadi menarik dan menyenangkan karena bisa melihat tayangan yang sangat besar dan berwarna-warni.

Pewarta: Agus Hari Prabowo

Posted in Berita