Menu Close

Bedah Buku “Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini”

Yogyakarta (06/08/2019) Bertempat di Ruang Auditorium Graha Tama Pustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY pada 6 Agustus 2019 diselenggarakan diskusi dan bedah buku “Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini” karya Rina Roudhotul Jannah. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta dan melibatkan organisasi mitra PAUD, diantaranya Himpaudi, IGTKI, IGABA, dan IGRA yang dihadiri sebanyak 100 orang pendidik PAUD.

Hadir pada acara diskusi dan bedah buku Dra. Monika Nur Lastiyani, MM, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, Nelly Tristiana, S.Kep.Ns, Kabid Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Pendudukan Daerah Istimewa Yogyakarta, Rina Roudhotul Jannah, M.Pd, penulis buku, dan Shinta, M.Psi, dikenal dengan nama Bunda Cinta, psikolog dan pemerhati PAUD.

“Orang tua dan pendidik PAUD dapat mengembangkan tema-tema lain disesuaikan kebutuhan masing-masing lembaga dan kebutuhan anak usia dini. Inklusif gender pada anak usia dini sebagai upaya memberikan pemahaman sejak usia dini tentang tanggung jawab dan fungsi sosial yang sama antara laki-laki dan perempuan,” harapan Rina Roudhotul Jannah, M.Pd., penulis buku.

“Gender merupakan segala sesuatu yang dapat dipertukarkan antara sifat laki-laki dan perempuan, dapat berubah dari waktu ke waktu, serta berbeda dari suatu tempat dan kelas sosial dalam masyarakat. Yang tidak dapat ditukar adalah kodrat laki-laki dan perempuan. Inklusif sebagai penerimaan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang dianggap tabu dan sulit diterima pada masyarakat tertentu. Bias gender sering terjadi pada perempuan dan anak, anak dan orang berkebutuhan khusus, lansia, dan kemiskinan,” papar Nelly, M.Pd., Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita