Menu Close

Analisis Hasil Supervisi Mutu Pendidikan Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021

Yogyakarta (02/11/2021) BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Analisis Hasil Supervisi Mutu Pendidikan Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2021 di Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh 25 peserta dari unsur Forum Pengawas dan Penilik D.I. Yogyakarta, Widyaprada dan Staf BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakannya untuk mengetahui analisis hasil capaian 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) setelah kegiatan supervisi mutu dan untuk menyusun laporan hasil supervisi setiap kabupaten/kota.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. menyampaikan bahwa dari hasil paparan supervisi satuan PAUD dan Dikmas yang sudah dilakukan, ada beberapa permasalahan yang nanti bisa dikaji ulang untuk tahap berikutnya. “Permasalahan tersebut berkaitan dengan instrumen yang kita sebarkan. Instrumen tidak bisa menggambarkan apa yang sesungguhnya terjadi di satuan berkaitan dengan 8 SNP karena instrumennya global hanya menjawab pilihan ya dan tidak. Kemudian untuk instrumen juga perlu dicocokkan dengan Penilaian Prasyarat Akreditasi (PPA)”, tambahnya. Harapannya untuk kedepan ada sistem atau aplikasi pemetaan mutu agar memudahkan dalam analisis.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi berkelompok menyusun analisis dan laporan supervisi. Peserta dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan kabupaten/kota. Setelah selesai, peserta dikumpulkan kembali untuk memaparkan hasil analisis supervisi.

Pewarta: Winda Pratiwi

Posted in Berita