Menu Close

Berlatih Berkarya Dengan Menulis, Begini Cara Mengajari Anak Agar Senang Menulis

Banyak pakar mengatakan manfaat dari membaca buku sejak dini. Para orangtua pun mendapat banyak tips agar anak gemar membaca sejak dini, misalnya dengan mendongeng. Membaca memang sebuah kebiasaan penting, tapi taukah bahwa menulis juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan kecerdasan anak?

Menulis merupakan kegiatan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, Untuk bisa menulis seorang anak sudah diajarkan sejak dini. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering menulis kreatif memiliki nilai yang baik pada mata pelajaran lainnya, seperti matematika, bahasa, dan sains. Jadi, selain membaca, yuk, buat anak tumbuh menjadi anak yang senang menulis dengan tips berikut :

  1. Sambil bermain

Untuk membuatnya menjadi penulis kreatif, berikan pulpen dan kertas, kapur dan papan tulis, atau spidol dan white board, tapi pastikan semua adalah aktivitas yang menyenangkan.

Anak yang masih balita, sedang belajar cara mengeskpresikan pikirannya menjadi kata-kata dan kemampuan motorik untuk menulis sebuah huruf. Tujuan pada tahap ini adalah membuat anak menyadari bahwa menulis adalah sebuah aktivitas.

  1. Eksperimen dengan alat tulis

Biarkan anak mecoba beragam alat tulis, mulai dari krayon, kapur, pulpen, pensil, cat air dan lainnya. Karena masih balita, anak akan lebih nyaman dengan alat tulis yang lebih gemuk, seperti krayon dibanding pensil yang lebih kecil.

Selain itu, orang tua juga dapat mengenalkan malam sebagai alat tulis, dengan cara mengubah malam tersebut menjadi huruf.

  1. Ekperimen dengan permukaan

Setelah alat tulis, ajak anak untuk menulis di berbagai permukaan. Selain kertas dan papan tulis, orangtua bisa menggunakan kapur di atas paving block halaman rumah atau eksperimen di tempat lain.

Untuk meminimalisasi coretan tersebar di area rumah, sediakan play room atau area khusus seperti di halaman. Orangtua juga dapat menggunakan spidol atau pulpen yang mudah dihapus dengan air.

  1. Jadi panutan

Biarkan anak melihat orangtua menulis, seperti saat menulis daftar belanja, menulis email, atau jurnal pribadi. Anak-anak adalah peniru yang baik. Jadi, jika orangtua suka menulis, kemungkinan besar anak juga akan merasakan hal yang sama.

  1. Gunakan komputer

Biarkan anak eksplorasi keyboard komputer. Walaupun ia tidak menulis dengan tangan, tetapi anak tetap berlatih menulis.

  1. Jangan lupa beri pujian

Selali tunjukkan antusiasme dan berikan pujian saat anak berhasil menuliskan sesuatu. Anak-anak akan mengulang perbuatan yang mendapatkan perhatian.

Kreativitas berkurang seiring bertambahnya usia. Dengan mengajarkan anak menulis kreatif sejak dini, maka orangtua ikut mendorong untuk tetap kreatif dan berimajinasi. Dengan begitu, orangtua juga mengajarkannya tentang kepercayaan diri, cara mengkomunikasikan perasaan dan pemikirannya pada orang lain.

Ditulis oleh Frista Zeuny / Radio Edukasi / BPMRPK Yogyakarta

Sumber :

­­https://parenting.orami.co.id/magazine/menulis-bikin-otak-cerdas-begini-cara-mengajari-anak-agar-senang-menulis/

https://www.kompasiana.com/noordien/5732ac36117f61cd0447d547/tips-agar-anak-mau-menulis

Ilustrasi foto : parenting.orami.co.id

Posted in Artikel